Bagaimana Saya ‘Menemukan’ Ekstra Rp 1 Juta Tiap Bulan


Berapa banyak dari kita yang berpikir bahwa kita memiliki banyak pengeluaran? Anda mungkin berpikir, yah, kalau tidak begitu, kemana perginya semua uang itu, kan? Sebenarnya, jika kita mau meluangkan waktu untuk melihat atau mempelajari pengeluaran per bulan, kita akan menemukan bahwa tidaklah mustahil untuk memotong pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting, sehingga pada akhirnya kita bisa menabung lebih banyak.  

LiveOlive berbincang dengan Marlina –seorang karyawan di bidang IT– dan Riana –seorang konsultan PR– yang telah bersedia untuk memeriksa kembali pengeluaran bulanan mereka. Setelah melalui banyak pertimbangan, kedua wanita ini menemukan bahwa mereka mampu menyimpan uang lebih banyak dari yang mereka kira.

Anda juga dapat melakukannya.

Pertama-tama Anda perlu menemukan pos-pos pengeluaran yang menurut Anda masih dapat dikurangi atau dihilangkan sama sekali dari biaya bulanan Anda. Hal ini dilakukan oleh Marlina dan Riana.

Untuk Marlina, ini berarti mengurangi frekuensi makan di restoran mewah. Untuk memastikan ini, ia membuat anggaran makan selama hari kerja, sebesar Rp 30.000 untuk makan siang dan malam. Ia juga mengurangi frekuensi nongkrong di coffee shop dari tiga kali sehari menjadi hanya satu. Selain itu, Marlina kini menggunakan dua ponsel dari tiga dan memanfaatkan voucher taksi yang disediakan oleh kantornya.

“Setelah melakukan perhitungan, saya menyadari bahwa sebagain besar pengeluaran saya adalah untuk empat hal tersebut. Tanpa sadar, saya menghabiskan banyak uang setiap hari untuk empal hal itu. Saya pun jadi mengerti bahwa jumlah pengeluaran ini sebenarnya bisa dicegah sehingga saya bisa punya tabungan lebih banyak,” katanya.

Bagi Riana, pendekatannya lebih sistematis. Ia bahkan membagi langkahnya dalam empat kategori: mengurangi, memaksimalkan, menghentikan dan mengganti.

“Semua pendekatan memiliki tujuan yang sama, untuk memaksimalkan hasil yang didapat dari pengeluaran serta melindungi uang dari pengeluaran yang tidak perlu,” jelasnya.

Sama seperti Marlina, Riana membatasi kunjungan ke restoran mewah hanya di akhir pekan. Ia juga memutuskan untuk menggunakan satu nomor WhatsApp, bukan dua. Selain itu, ia tidak lagi menggunakan mobil dan sopir di atas pk 18.00 kecuali dalam keadaan darurat.

Sebagai langkah "memaksimalkan", Riana memilih untuk mengubah keanggotaan yoganya dari Bikram Yoga menjadi Iyengar Yoga. Keputusan ini ia ambil setelah menyadari kalau ia lebih menikmati jenis latihan yoga yang kedua dibandingkan yang pertama –dengan jumlah uang yang sama. Anda juga bisa melakukan ini jika masih memiliki beberapa jenis keanggotaan olahraga, tapi ternyata suka bolos satu kelas lebih sering dari kelas lainnya.  

Riana juga menghentikan langganan majalah cetak dan mengubahnya menjadi langganan edisi digital. Langkah terakhir, ia mengganti bensinnya dari Pertamax ke Premium.

Jika Anda melakukan pemotongan anggaran dengan cara yang benar, Anda akan terkejut melihat jumlah yang dapat Anda simpan. Dengan begitu, Anda pun bisa menggunakan uang ekstra tersebut untuk hal yang lebih bermanfaat. Jangan takut untuk mencobanya!

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×