Memperkirakan Biaya Perguruan Tinggi di Indonesia


Indonesia memiliki banyak perguruan tinggi berkualitas yang tersebar di seluruh daerah, namun sayangnya tiap tahun biaya perguruan tinggi –negeri maupun swasta– terus merangkak naik.

Jika Anda berniat mengirimkan anak Anda kelak belajar di perguruan tinggi favorit di dalam negeri, Anda perlu jeli melihat berapa besar biaya yang dibutuhkankan untuk menyelesaikan jenjang pendidikan yang biasanya memakan sekitar 4 tahun ini. 

Pilih Mana, Negeri atau Swasta?

Jika dulu perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi pilihan karena menawarkan biaya lebih murah namun dengan kualitas lebih baik, sekarang hal tersebut sedikit bergeser dengan adanya penghapusan subsidi pemerintah bagi PTN, serta munculnya universitas-universitas swasta yang berkualitas. Biaya pendidikan di universitas negeri dan swasta kini tidak berbeda jauh.

Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 55 Tahun 2013, Tanggal 23 Mei 2013, semua universitas negeri kini dibebaskan dari uang pangkal. Calon mahasiswa hanya perlu membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) hingga lulus. Biayanya pun ditentukan oleh kemampuan ekonomi keluarga, dengan begitu terjadi subsidi silang yang dianggap lebih adil.

Meski perbedaan biaya di universitas negeri dan swasta tak lagi begitu besar, beberapa orang tua masih memilih universitas negeri karena mereka berpandangan jika lulusan PTN lebih mudah mendapatkan pekerjaan. “BUMN dan institusi negara masih melihat lulusan perguruan tinggi sebagai pilihan utama ketika memilih karyawan, jelas saja saya ingin anak saya diterima di universitas negeri,” ucap Yuli, seorang pegawai negeri di departemen pertanian.

Mencari Celah Beasiswa

Beberapa perguruan tinggi negeri seperti UI dan UGM mempunyai  program Beasiswa  Bidik Misi –beasiswa pendidikan bagi calon mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu. Salah satu staf Universitas Indonesia ketika dihubungi melalui telepon mengatakan jika orang tua yang tidak mampu bisa mendapatkan keringanan biaya kuliah anak dengan melampirkan berkas-berkas seperti Surat Keterangan Penghasilan, Bukti Pembayaran PBB dan rekening listrik 3 bulan terakhir. Jika lolos seleksi, calon mahasiswa hanya akan dikenakan biaya minimal sebesar Rp 100.000 per semester untuk jurusan IPS dan IPA.

Bagi yang tertarik berkuliah di perguruan tinggi swasta juga bisa mencari jalan beasiswa seperti yang ditawarkan oleh Universitas Pelita Harapan (UPH). Endi, mahasiswa UPH jurusan Psikologi tahun ajaran 2013/2014 mengaku beruntung bisa mendapatkan beasiswa UPH yang meringankan hingga 50% dari biaya normal. “Selain mengikuti tes dan membuat esai saya juga harus menjalani interview akademik sampai memperoleh beasiswa,” ujarnya.

LiveOlive telah mengumpulkan perkiraan biaya studi dari 5 universitas negeri dan swasta pilihan yang berlokasi di berbagai kota besar di Indonesia:

Univ. Jurusan BIAYA STUDI 4 TAHUN Perkiraan Total Biaya
Sumbangan Awal Biaya Kuliah Per Tahun Biaya Lain-lain
Universitas Indonesia, Jakarta (UI) Ekonomi / Teknik - Rp 15 juta - Rp 60 juta
Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (UGM) Ekonomi / Teknik - Rp 14 juta - Rp 14,6 juta - Rp 56 juta - Rp 58,4 juta
Institut Teknologi Bandung (ITB) Ekonomi / Teknik - Rp 20 juta - Rp 40 juta - Rp 80 juta - Rp 160 juta
Universitas Pelita Harapan, Karawaci- Tangerang (UPH) Ekonomi / Teknik Rp 41,6 juta Rp 12,4 juta Rp 12,5 juta Rp 103,7 juta
Universitas Kristen Petra, Surabaya Ekonomi/ Teknik Rp 7,3 juta - Rp 8 juta Rp 13,6 juta - Rp 14 juta Rp 2,8 juta Rp 64,5 jutan- Rp 66,8 juta
    

 

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×