Meregangkan Tubuh Anda Sambil Meregangkan Uang Anda


Jadi ceritanya sahabat karib anda mengikuti kelas Yoga. 

Dan tidak lama setelahnya, ia mulai menghabiskan waktu luangnya di tikar yoga, dan menghabiskan uangnya untuk beberapa pernak – pernik yoga: celana yoga seharga 500,000 Rupiah, berlangganan majalah impor soal yoga, workshop – workshop akhir pekan, liburan di tempat meditasi, serta kelas yoga yang mahal itu.

Namun dengan kulit sahabat karib anda yang mulai terlihat cerah dan pinggangnya yang terlihat  mengecil, anda mulai menduga – duga,  apakah yoga merupakan kegiatan yang harus anda juga lakukan?

Haruskah anda membayar kelas yoga yang harga bulanannya dapat menyaingi tiga pasang sepatu bermerek?

Tentunya kita tidak bisa terlalu perhitungan dalam cara – cara menjaga kesehatan kita, yoga adalah salah satunya cara. Disiplin dari India yang telah berusia ribuan tahun ini telah terbukti menguntungkan kita dengan alasan – alasan berikut:

1. Memperkuat dan meregangkan tubuh, mengencangkan otot – otot anda.

2. Membantu aliran endokrin dan sistem syaraf anda, menstimulasi hormon –hormon serta metabolisme anda, juga mengajarkan pikiran anda untuk rileks.

3. Memperbaiki postur tubuh anda dan menghindarkan anda dari sakit punggung.

4. Memampukan anda untuk fokus.

5. Melatih tidak hanya tubuh melainkan juga pikiran anda, yang sangat berguna bagi orang – orang yang mudah stress.

Banyak karyawan – karyawan mulai mendapat gangguan fisik serta struktur pada waktu mereka mencapai usia 30-an (bahkan beberapa lebih awal dari itu) karena postur tubuh yang tidak baik, makanan yang mereka konsumsi, serta gaya hidup yang buruk. Sakit punggung, leher pegal, lutut yang lemah, sakit maag, dan migrain kronis adalah beberapa dari keluhan kesehatan yang mereka alami.

Ada juga orang – orang yang saya sebut sebagai kategori “Prajurit Akhir Pekan” dan “Sindrom Kelebihan Berlatih” dimana orang – orang ini berolah raga terlalu berat hanya pada akhir pekan, atau mencoba mengurangi berat badan mereka dengan cara yang drastis, membuat mereka menjadi sakit.

Seperti yang anda ketahui, penyakit artinya kehilangan produktifitas serta uang. Sering diperlukan terapi fisik serta mungkin diurut/dipijat, yang sayangnya tidak ditanggung oleh asuransi. Latihan yoga yang rutin dapat menghindari anda dari masalah – masalah ini dengan menjaga tubuh anda sehat dan bugar, serta pikiran anda tenang dan terfokus. Riset telah membuktikan bahwa penyakit ditimbulkan dari pikiran anda.

Dibandingkan dengan latihan lainnya, yoga termasuk mahal, terutama di studio yoga terkemuka. Sekali datang, dapat menghabiskan uang anda sebesar 120,000 – 150,000 Rupiah, meskipun demikian, akan lebih murah jika anda membayar biaya bulanan.

Beginilah caranya anda dapat memaksimalkan investasi anda:

1. Belilah paket kelas di studio yoga yang terkemuka. Selain lebih murah, itu akan memotivasi anda untuk selalu datang dengan rajin. Pilih yang sesuai dengan jadwal anda. Cobalah mendaftar 10 kali latihan dulu, yang biasanya berlaku untuk 2 bulan atau lebih.

2. Jika anda masih ingin melakukan latihan lainnya disamping yoga, daftar ke gym yang menawarkan kelas – kelas yoga juga. Hati – hati: Klub kesehatan belum tentu menyediakan kelas yoga yang baik karena tidak begitu diperhatikan.

3. Carilah komunitas yoga. Misalnya, di Jakarta setiap hari Minggu,  Social Yoga Club menawarkan kelas gratis di taman tertentu (dengan donasi).

4. Berlatihlah lebih dalam dengan buku – buku yoga dan DVD – DVD.

5. Berlatihlah sendiri. Disiplin yoga bersifat personal. Setelah anda pelajari dasarnya, tumbuhkan niat untuk berlatih sendiri di rumah.

Yoga lebih dari sekedar kesehatan fisik. Ketika anda membiasakan latihan konsisten, hidup anda mulai berubah dalam arti yang positif. Anda menjadi lebih sadar dalam berlatih, makan dan berlaku. Ini merupakan investasi yang berharga dalam hidup anda.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×