Sudahkah Anda Punya 3R Ini?


Saat saya baru mulai bekerja, saya mengira saya hanya perlu memiliki satu rekening bank, supaya semua aktivitas saya dapat diatur dari satu sumber tersebut. Ini akan mudah untuk dimonitor dan diatur.

Ternyata saya salah besar.  

Menyimpan semua uang saya dalam satu rekening memberi saya ilusi bahwa saya kaya –padahal sama sekali tidak– dan akhirnya memberi saya ijin untuk menghamburkan uang. Lima tahun kemudian, dengan jumlah tabungan yang sangat sedikit dan tidak ada pemikiran untuk berinvestasi, saya punya banyak aset, tapi hampir semuanya bersifat depresiatif. Apa yang membantu saya kembali ke jalur yang tepat adalah membuka beberapa rekening untuk tujuan yang spesifik. Dengan mengalokasikan penghasilan saya begitu menerimanya, saya punya gambaran yang lebih realistis –terkadang menyedihkan– tentang keuangan saya.

Begini cara saya mengelola tiga rekening di bank:

1. Rekening untuk pengeluaran sehari-hari

Ini rekening yang menampung gaji Anda –atau dari manapun sumber penghasilan tersebut. Ada baiknya rekening ini memiliki jaringan ATM yang luas, apalagi fasilitas m-banking atau internet banking yang akan membantu Anda membayar pengeluaran rutin, seperti tagihan kartu kredit, listrik dan lain-lain. Jumlah yang perlu disimpan di rekening ini cukup sebesar dua bulan biaya hidup Anda. 

2. Rekening untuk dana darurat

Dana darurat adalah tabungan setara 6 bulan biaya hidup Anda yang dipersiapkan seandainya Anda mengalami krisis –kehilangan pekerjaan atau sakit, misalnya. Usahakan rekening ini dalam bentuk tabungan, sehingga Anda bisa menariknya kapan pun Anda membutuhkan tanpa terkena penalti –tidak seperti deposito yang akan mengenakan biaya penalti jika Anda menarik dana sebelum tanggal jatuh tempo.

Bedanya rekening ini dengan rekening sehari-hari adalah tidak adanya kartu ATM –atau bisa juga Anda simpan kartunya di rumah– sehingga Anda tidak tergoda untuk memakainya setiap kali melewati toko favorit Anda.

3. Rekening untuk tujuan khusus

Rekening ini berisi dana yang Anda sisihkan untuk mencapai tujuan khusus, entah itu dana pensiun, liburan, DP rumah, dana pendidikan anak, dan lain-lain. Uang yang tidak Anda gunakan untuk pengeluaran sehari-hari serta dana darurat sebaiknya dimasukkan ke rekening ini. Lebih penting lagi, simpan rekening ini dalam bentuk deposito atau investasi yang memberikan bunga lebih tinggi dari tabungan biasa.

Bagaimana dengan Anda sekarang? Sudahkah punya 3R untuk membangun kekayaan dan mencapai tujuan Anda? 

Nama Rekening Tipe Rekening Pastikan... Nominal
Pengeluaran sehari-hari Tabungan Ada fasilitas ATM, m-banking, internet banking Kira-kira setara biaya hidup 2 bulan
Dana Darurat Tabungan Tanpa ATM Biaya hidup 6 bulan
Tujuan khusus Deposito atau investasi Dapat bunga lebih tinggi dari tabungan Sisa dari 2 hal di atas
    

 

Baca juga: 4 Tips Efektif Mengumpulkan Dana Darurat

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×