10 Tips Mutakhir Menghemat Uang Bagi Perempuan


Ada banyak alasan bagi perempuan untuk lebih cerdas dalam mengelola uang. Perempuan menikah misalnya, bekerja atau tidak, tongkat kendali keuangan adalah di tangan mereka. Begitu juga perempuan lajang, tentu punya sederet daftar keinginan yang menuntut kepiawaian dalam menghemat uang. 

LiveOlive baru-baru ini berbincang dengan sepuluh perempuan yang terbilang hebat dalam mengelola uang. Mereka punya tip-tip unik dan kreatif yang dirancang sesuai kebutuhan perempuan. Mari simak apa saran mereka, jika sesuai, jangan segan-segan menjalankannya ya.

1. Dear, Catatan Pengeluaran...

Rekam semua pengeluaran hingga hal terkecil.  Laundry, make-up, peralatan mandi, termasuk setiap rupiah yang Anda habiskan di café. Selajutnya buatlah catatan anggaran, tentukan setiap bulan berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk beberapa variabel pengeluaran. Meskipun tidak bisa memotong anggaran pengeluaran tetap, bayangkanlah berapa banyak uang yang bisa Anda sisihkan dengan mencermati catatan pengeluaran yang sudah Anda buat.

2. Belanja bahagia

Belanjalah saat senang, bukan belanja untuk kesenangan. Penelitian menunjukkan jika Anda berbelanja saat sedih, depresi, atau lapar, Anda akan mengeluarkan lebih banyak uang. Jika sedang sebal atau sedih, sebaiknya tenangkan dulu diri Anda. Dengan pikiran yang bersih, maka kegiatan berbelanja akan menjadi lebih efektif.

3. Kualitas bukan kuantitas

Tergiur dengan barang-barang murah? Ingat, berhemat bukan berarti pelit. Sepatu, pakaian, tas, mebel dan  gadget adalah barang-barang yang perlu dipertimbangkan kualitasnya. Meskipun harus membayar lebih mahal, namun jangka pakainya lebih lama dan tidak harus membeli berulang kali.

4. Tak perlu anti kartu kredit

Kartu kredit identik dengan boros. Itu sudah usang. Anda bisa mendapatkan bonus-bonus menarik dan potongan harga jika cerdas menggunakannya. Yang penting, selalu taat membayar iuran bulanan sehingga Anda tak dikenai bunga apapun.

5. Nongkrong di rumah

Hampir semua kegiatan di rumah lebih murah daripada pergi keluar. Undanglah teman-teman Anda, dan pilih kegiatan yang bisa dilakukan bersama. Marathon film, masak bareng, main kartu, atau sekedar berbagi tips dandan.

6. Minum lebih banyak

Air putih tidak hanya bermanfaat secara kesehatan. Dengan meminum segelas besar air sebelum makan, Anda akan mencerna makanan lebih baik sekaligus menghemat uang dengan membeli porsi makanan yang lebih sedikit. Diet tubuh dan dompet disaat bersamaan!

uang Rupiah kertas7. Beli asuransi

Kebanyakan asuransi diciptakan untuk menghemat uang Anda! Terkadang Anda merasa rugi harus membayar tagihan tanpa mengajukan klaim  apapun. Tapi saat Anda membutuhkannya, tagihan tersebut akan terasa sangat ringan dibandingkan apa yang harus Anda bayar tanpa asuransi.

8. Menabung di awal bulan

Sisihkanlah 10%-30% penghasilan Anda di awal bulan. Langkah ini akan sangat membantu agar tidak memboroskan uang dengan percuma. Selain baik untuk jangka panjang, dana ini juga akan sangat berarti sebagai dana darurat.

9. Kuasai aturan 30 hari

menikmati hari pensiunKapan pun Anda merasakan dorongan untuk berbelanja barang-barang yang tidak dibutuhkan, tahanlah keinginan tersebut. Pulanglah ke rumah, tuliskan informasi barang yang Anda inginkan (harga dan tempat). Selama 30 hari berikutnya, pikirkanlah apakah Anda benar-benar menginginkan barang tersebut. Metode ini sangat efektif, selain bisa berpikir ulang, Anda juga bisa melakukan riset kecil mencari barang yang sama dengan harga yang lebih murah.

10. Mimpikan pensiun dini

Motivasi terbesar untuk mengontrol keuangan adalah rencana untuk pensiun dini. Di Indonesia, tidak banyak jenis pekerjaan yang menawarkan dana pensiun. Untuk itu jangan ragu untuk membuka rekening pensiun mulai sekarang. Dengan menerapkan pola hidup hemat, menyisihkan sejumlah uang bukan hal yang sulit.

Baca juga: "Saya Sangat Hemat, Tapi Kenapa Tidak Kaya Juga?"

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×