Selamatkan Bumi



Artikel ini ditulis sehari sebelum hari lingkungan sedunia akan diselenggarakan – Earth Hour.

Di tahun 2011, terdapat lebih dari 5,200 kota di 135 negara di dunia yang mematikan lampu mereka untuk Earth Hour, menanggapi perubahan iklim yang tidak terprediksi.

Namun apakah sebenarnya Earth Hour itu?

Dalam setiap Sabtu terakhir dari bulan Maret, organisasi WWF (World Wildlife Fund) mengajak komunitas sedunia untuk merayakan dan berkomitmen untuk mematikan listrik selama satu jam. Tahun ini, akan diselenggarakan tanggal 31 Maret dari jam 830 hingga 930 malam.
Indonesia, sebagai Negara berpopulasi terbesar urutan ke empat di dunia, berkomitmen untuk berpartisipasi di acara ini. Dedikasi Indonesia untuk Earth Hour direfleksikan di prinsip ini:

“Kehidupan yang hemat energy tidaklah cukup untuk berpartisipasi di Earth Hour, tetapi harus dibuktikan dalam keseharian, dan diikuti dengan perubahan gaya hidup yang mengarah pada ramah lingkungan, seperti: menggunakan sepeda atau transportasi umum, menghemat air, menanam pohon, dan sebagainya.”
Jadi seperti yang anda lihat, Earth Hour bukanlah hanya symbol dari pengurangan energy, tapi gaya hidup yang hemat energy, yang juga berdampak pada keuangan pribadi anda juga. Sambil kita mengajak semua orang untuk melihat lebih dekat lagi tentang keuangan pribadi mereka, kita menjadi lebih tahu bahwa itu tergantung dari konsumsi dan gaya hidup kita. Inilah alasan mengapa LiveOlive mendukung sepenuhnya kegiatan sedunia ini. Bukan hanya kita dapat menghemat uang kita, kita juga dapat menyelamatkan planet kita.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelasnya, lihatlah angka – angka di bawah ini:
Konsumsi listrik di Indonesia didistribusikan ke berbagai sector yang terbagi atas:

• Pengeluaran Rumah Tangga: 33%
• Bisnis, kantor dan gedung komersil: 30%
• Sektor Industri: 30%
• Kantor pemerintah: 3%
• Fasilitas public dan social: 4%

Total penggunaan listrik adalah 29 605 GWH atau sama dengan 26.4 juta ton dari karbon dioksida (2004-2006 Riset akan emisi karbon dioksida dari produksi listrik: 0.891 / MWh).

Apa Yang Kita Dapat Lakukan
Dengan mematikan lampu dan elektronik anda untuk setidaknya 1 jam, kita dapat berkontribusi untuk menghemat listrik.
Jika 10% dari populasi total berpartisipasi dalam Earth Hour, Jakarta dapat menghemat listrik sebesar 300MWh, yang sama dengan:
1. Mematikan power plant dan menyalakan 900 desa.
2. Menghemat 267.3 ton dari CO2.
3. Menyelamatkan 267 pohon (satu pohon dapat menyerap satu ton dari CO2 dalam jangka waktu 20 tahun hidupnya).
4. Cadangan oksigen untuk lebih dari 534 orang (1 pohon mampu menghasilkan O2 untuk dua orang dalam jangka waktu 20 tahun hidupnya).
5. Jika (300MWh = 1.080.000MJ) X Rp 200/MJ = dapat menghemat lebih dari Rp 216.6 juta,-
Di Jakarta, 10% dari populasi yang berarti 2,700,000 orang diasumsi mematikan lampunya. Sumber: www.earthour.wwf.or.id
Seperti kebanyakan diskusi LiveOlive, hal ini bukanlah sesuatu yang rumit. Ini adalah angka yang realistis dan solusi yang realistis juga. Di akhir bulan, ketika anda membayar tagihan PLN, kabari kami berapa Rupiah uang yang anda berhasil hemat.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×