Solusi Mengatasi 5 Kecemasan Seputar Uang


Uang merupakan topik yang ‘emosional’ dan umumnya dapat memicu rasa takut. Walaupun begitu, kita seharusnya tidak merasa tertekan. Kita bisa kok mengubah cara kita merespon dan mengatasi perasaan cemas tersebut.


Simak solusinya di halaman berikut!

#1: Saya tidak tahu cara dan bagaimana mulai mengelola uang saya

Solusinya:

  • Mulailah dengan mengidentifikasikan tujuan Anda daripada hanya mencoba untuk mempelajari konsep-konsep dan istilah-istilah keuangan. Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk keluar dari utang kartu kredit, mulai dengan belajar bagaimana membuat anggaran, kemudian cari tahu tentang suku bunga dan bagaimana mereka bekerja.
  • Fokus saja ke satu topik per hari. Alokasikan 10 menit setiap hari untuk mendalami topik yang sudah Anda pilih, misalnya Senin: anggaran, Selasa: suku bunga, dan seterusnya. Jangan mencoba untuk menyerap semua informasi dalam satu sesi.

#2: Saya tidak pintar menghitung angka

Sandra selalu bilang kalau ia kurang pandai soal angka dan apapun yang berhubungan dengannya. Namun, suatu hari ketika ia membahas tawaran pekerjaan dengan seorang teman, Sandra menghitung dalam kepala dan menemukan bahwa walaupun gaji kotor yang ditawarkan lebih tinggi, gaji yang ia bawa pulang sebenarnya lebih sedikit karena ia harus bayar pajak yang lebih tinggi lagi. Tiba-tiba, Sandra menjadi seorang ahli keuangan!

Solusinya:

Semuanya ada dalam pikiran Anda. Katakan pada diri sendiri bahwa angka dan rumus hanyalah bentuk lain dari komunikasi. Yang perlu Anda lakukan adalah memahami maksudnya dan melakukan yang terbaik buat Anda.

#3: Perempuan lajang: Saya akan jomblo terus sehingga tidak akan ada yang mengurus saya secara finansial

Ini adalah “penyakit Cinderella” –pola pikir bahwa perempuan harus dijaga dan diselamatkan. Kita semua sudah “diprogram” tentang hal ini sejak kita berusia 3 tahun dan sekarang saatnya untuk merombak pemikiran tersebut.

Solusinya:

Kendalikan uang Anda! Selain belajar tentang anggaran dasar, belajar juga tentang cara mengembangkan uang Anda melalui investasi yang bijaksana, serta cara melindunginya melalui hal-hal seperti asuransi.

#4: Bagaimana saya akan merawat orang tua saya?

Anak-anak, terutama di Asia, diharapkan untuk mengurus orang tua mereka saat mereka sudah lanjut usia. Selain itu, ada kemungkinan bahwa orang tua lalai secara finansial –tidak memiliki asuransi atau dana pensiun – sehingga mereka mungkin membutuhkan dukungan untuk biaya sehari-hari ataupun kebutuhan khusus.

Solusinya:

  • Buat mereka tetap aktif! Dorong mereka untuk terlibat dalam kegiatan lingkungan, kunjungan dengan cucu-cucu, dan lain-lain. Lakukan apa saja untuk membantu mencegah mereka menjadi depresi dan sakit-sakitan.
  • Diskusikan dengan saudara atau anggota keluarga lain tentang bagaimana untuk berbagi perawatan orang tua nanti.

#5: Saya tidak akan memiliki dana cukup untuk pensiun

Ini adalah masalah yang sangat nyata karena setiap orang tahu kalau biaya hidup terus meningkat setiap tahunnya. Di kemudian hari, anak-anak kita mungkin tidak akan mampu mendukung kita di masa pensiun, walaupun mereka menginginkannya.

Tak hanya itu, berkat kemajuan dalam bidang medis, kemungkinan hidup bisa jadi lebih lama tinggi dan ini bisa menyebabkan dana pensiun Anda habis sebelum waktunya.

Solusinya:

  • Berhenti berpikir bahwa perencanaan untuk masa pensiun seperti menjauhkan anak-anak Anda dari kemungkinan hidup lebih baik. Sebaliknya, sadari bahwa jika Anda tidak mempersiapkan dana pensiun untuk Anda sendiri, Anda akhirnya akan menjadi beban bagi anak-anak Anda nanti.
  • Mulai rencanakan pensiun sedini mungkin. Tentukan gaya hidup apa yang Anda inginkan dan mulai menyisihkan uang untuk itu.

Tidak ada kata terlambat untuk mengubah pandangan Anda tentang uang. Tentu saja semakin cepat Anda mengenali kekhawatiran Anda, semakin mudah untuk mencari solusinya. Nah, apa kecemasan terbesar Anda? 

Baca terus: Mengenal Mitos-Mitos Seputar Investasi

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×