Saya Ingin Beli Mesin Pencuci Piring


PERTANYAAN:

Sebagai seorang wanita karier yang memiliki seorang balita dan tidak punya pembantu rumah tangga, saya berpikir untuk membeli mesin pencuci piring yang bisa meringankan beban mencuci piring di rumah. Berhubung suami saya membayar cicilan rumah dan semua tagihan bulanan, saya ingin membeli mesin ini dengan tabungan saya sendiri.

JAWAB PERTANYAAN BERIKUT:

1. Selain KPR, apakah Anda memiliki utang lain?
A. Ya, saya masih punya tagihan kartu kredit
B. Ya, tapi saya akan melunasinya dalam satu bulan
C. Tidak 

2. Seberapa penting bagi Anda untuk memiliki mesin ini sekarang?
A. Kami sudah tentu memerlukannya saat ada tamu datang
B. Kami bisa menunggu hingga tahun depan
C. Jika saya punya mesin ini, saya akan bisa mengerjakan hal-hal lain yang lebih penting

3. Berapa jumlah tabungan pribadi Anda?
A. Kurang dari Rp 30 juta
B. Saya punya sekitar Rp 54 juta
C. Saya punya lebih dari Rp 60 juta

HASILNYA:

Jika Nilai Anda Kurang dari 50:

Sebuah mesin pencuci piring adalah sesuatu yang baik untuk dimiliki, meski hal tersebut tidak seharusnya menjadi prioritas Anda saat ini. Anda masih punya utang yang harus dilunasi serta dana darurat. Yang bisa Anda lakukan adalah membuka rekening tabungan khusus untuk tujuan ini –Anda bisa mengambil dananya dari anggaran belanja dan jalan-jalan– atau memanggil seorang pembantu rumah tangga paruh waktu yang bisa membantu Anda mencuci 1-2 kali seminggu.

Jika Nilai Anda Antara 50 dan 80:

Anda sudah hampir mengumpulkan dana darurat di tabungan, jadi jangan berhenti dan membelanjakan uang untuk sesuatu yang besar. Sebuah mesin pencuci piring yang bagus seharga sedikitnya Rp 10 juta, jadi lebih baik Anda menunggu beberapa bulan hingga Anda punya cukup dana sisa untuk dibelanjakan. Selama periode ini, Anda bisa memanggil seorang pembantu rumah tangga freelance untuk datang hanya pada saat Anda membutuhkannya.

Jika Nilai Anda Lebih dari 80:

Biarpun mesin ini cukup mahal, tentu akan sangat berguna untuk mempercepar ritme Anda saat bekerja di rumah. Plus, Anda bisa yakin kalau piring, gelas dan peralatan makan Anda akan lebih higienis untuk dipakai si kecil, karena sistem mesin pencuci piring membilas sabun dengan air panas. Coba tanya sana-sini tentang produk bekas ini di forum seperti Kaskus atau toko online, dan lakukan perbandingan harga sebelum memutuskan untuk membeli mesin pencuci piring yang baru.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×