5 Kebiasaan di Kantor yang Membuat Rekan Kerja Sebal


Setelah menghabiskan banyak jam kerja bersama rekan-rekan Anda, maka tidak mengherankan jika Anda pernah tidak sengaja menyinggung perasaan mereka. 

Kebiasaan-kebiasaan kecil berikut ini dapat meretakkan hubungan antara Anda dan teman sekantor Anda, jadi kenalilah sebelum jadi menyebalkan.  

Kebiasaan jelek #1: Terlalu banyak bertanya

Meskipun orang bilang tidak ada yang namanya "pertanyaan bodoh", terlalu banyak bertanya bisa diartikan bahwa Anda malas. Bertanya pada seseorang tentang hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan Anda hanya bisa dimengerti jika Anda adalah karyawan baru. Kalau tidak, rekan kerja Anda akan mulai berpikir bahwa Anda tidak layak menempati jabatan Anda.

Solusi: Tuliskan pertanyaan Anda untuk membantu menjabarkan masalah tersebut di pikiran Anda. Ini bisa memudahkan untuk mencari jawabannya, sehingga Anda pun tidak perlu berdiskusi dengan rekan kerja. Kalau memang butuh pendapat dari seorang teman kerja, meminta waktunya secara spesifk –misalnya 10 menit– akan lebih baik dibandingkan mengganggunya kapan pun Anda mau.

Kebiasaan jelek #2: Meminjam tapi tidak mengembalikan

Ini berlaku untuk segala hal; uang, alat tulis, buku dan lain-lain. Mengembalikan semua yang telah Anda pinjam adalah kesopanan umum –barang tersebut bukan milik Anda dan Anda tidak bisa memakainya semau Anda.

Solusi: Pemecahannya memang berat, tapi satu-satunya solusi adalah mengembalikan apapun yang Anda pinjam! Jika Anda sulit mengingat barang-barang yang Anda pinjam, beri label dengan nama orang yang Anda pinjami, berikut dengan tanggal pinjamnya –jika barang yang Anda pinjam adalah uang, coba ingatkan diri sendiri dengan memasang reminder.

Kebiasaan jelek #3: Hampir selalu terlambat (untuk meeting atau deadline)

Anda mungkin berpikir, "Mereka adalah temanku dan mereka akan memaklumi kalau aku terlambat". Anda salah. Bahkan, rekan-rekan kerja Anda bisa berpikir seperti ini: 

  • Ia tidak menghargai saya untuk datang atau menepati deadline
  • Meeting atau proyek ini tidak penting baginya
  • Orang ini tidak cakap dan tidak bisa diandalkan

Solusi: Jangan menjadi terlalu optimis dengan berpikir kalau "aku akan tiba di sana dalam 5 menit". Bisa jadi Anda memerlukan 5 menit hanya untuk menunggu lift dan 5 menit untuk berjalan menuju ruang meeting –dengan asumsi tidak ada orang yang menyapa dan ngobrol dengan Anda di tengah jalan. Anda juga bisa memasang alarm reminder lebih awal dari waktu meeting yang sebenarnya. Jika Anda memang tertahan karena alasan di luar kendali Anda, beritahu orang lain kira-kira berapa lama lagi Anda akan tiba, supaya mereka bisa menyesuaikan agenda meeting tersebut. 

Kebiasaan jelek #4: Minta untuk dibayari dulu

pinjam uang

Anda sedang menikmati waktu istirahat di kantin kantor dan memesan secangkir kopi. Karena ingat Anda lupa membawa dompet, Anda meminta teman kantor untuk membayari Anda dulu. Wajar tidak? Ya, tapi tidak kalau ini terjadi terus-menerus.

Solusi: Selalu simpan sejumlah uang kecil di kantong atau dompet receh. Anda bahkan bisa menaruh uang kertas Rp 100.000 yang dilipat kecil dan diselipkan dalam cover HP Anda untuk keadaan darurat. Jika Anda memang harus meminjam uang orang lain, maka kembalikan secepat mungkin. Tidak ada yang lebih memalukan dibandingkan harus menagih Rp 30.000 dari seseorang, jadi jangan buat orang lain mengalami pembicaraan tak nyaman tersebut. 


Kebiasaan jelek #5: Bolak-balik memeriksa HP

Anda pasti merasa jengkel kalau sedang bicara dengan pasangan dan ia lebih memperhatikan ponselnya daripada Anda. Nah,  atasan dan rekan kerja Anda juga akan merasakan hal yang sama.

Jangan bermain dengan ponsel Anda ketika sedang berinteraksi dengan orang lain, terutama selama  meeting. Lebih dari itu, berikan perhatian kepada rekan kerja saat ia sedang melakukan presentasi.

Solusi: Selain mengubah mode suara dari "normal" ke "silent", tutup layar HP dengan menaruhnya di meja dalam keadaan terbalik. Dengan begitu Anda tidak akan melihat lampu merah di HP berkedip-kedip saat Anda dapat pesan baru atau notifikasi Facebook.

Baca terus: 5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Kalau Ingin Dapat Promosi

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×