5 Investasi Terbaik Saya Setelah Melahirkan


Anda sedang menantikan kelahiran buah hati? Selamat! Rasanya pasti semangat ya mempersiapkan segalanya untuk sang bayi.

Nasihat datang dari berbagai pihak –mulai dari orangtua, saudara, teman, dan siapapun yang peduli dengan kehamilan Anda. Berbagai artikel dari buku, majalah, dan website yang membahas tentang persiapan melahirkan juga sudah Anda lahap. Namun, tetap saja Anda masih merasa bingung, berapa sih sewajarnya yang harus Anda keluarkan untuk segala persiapan tersebut. Jangan khawatir!

Berdasarkan pengalaman saya, berikut ini daftar keperluan yang patut Anda keluarkan tanpa ragu sebagai seorang ibu baru.

1. Perabotan Bayi yang Bisa Diwariskan

Anda tidak akan merasa menyesal membeli tempat tidur bayi atau lemari pakaian bayi dari kayu jati yang mahal, karena masa pakainya relatif lama tahunan bahkan puluhan tahun. Pilihlah model klasik dengan pagar pengaman yang bisa dibongkar-pasang, supaya bisa dipakai hingga ketika bayi Anda beranjak besar. Jika dirawat dengan baik, Anda bahkan bisa mewariskannya ke cucu Anda kelak! Mulailah mencari kualitas mebel terbaik di daerah Kemang, Jakarta Selatan, atau Jepara, Jawa Tengah.

Anggaran: minimal Rp 2 juta untuk boks bayi kayu jati.


2. Botol Susu Bebas BPA

Anda pasti butuh berinvestasi untuk yang satu ini karena paling sering dipakai setiap harinya. Pilihlah botol susu yang terbuat dari gelas jika Anda ingin menggunakannya sebagai wadah ASI perah. ASIP Anda akan tetap segar dan steril disimpan dalam kulkas atau freezer. Jika untuk menyusui langsung, gunakan botol susu plastik bebas BPA yang memiliki sertifikat aman untuk makanan. 

Anggaran: minimal Rp 500.000 untuk Newborn Set dari Dr. Brown's. 

3. Slow Cooker Berkualitas (Crock Pot)

Ini adalah penemuan menakjubkan setelah rice cooker yang membuat tugas ibu dalam mempersiapkan makanan sehat menjadi begitu ringan. Anda cukup memasukkan bahan-bahan yang dibutuhkan, putar knop ke pengaturan yang diinginkan, lalu tinggalkan beberapa jam sambil melakukan rutinitas lainnya, dan sim salabim! Makanan sehat sudah siap saji. Jangan ragu untuk membeli yang termahal untuk alat satu ini, karena prinsip "ada harga ada kualitas" berlaku di sini.

Anggaran: minimal Rp 380.000 untuk merk Takahi kapasitas 0,7 liter. 

4. Perawatan Tubuh Pasca Melahirkan

Manjakan diri dengan perawatan pasca melahirkan di rumah. Baik tubuh maupun pikiran Anda akan merasakan manfaatnya, karena Anda akan merasa relaks, segar dan fit. Pada akhirnya perasaan tenang itu akan menstimulasi hormon prolaktin dan oksitosin; dua hormon penting yang sangat memengaruhi produksi ASI. Di area Jabodetabek, ada beragam layanan paket pasca melahirkan yang bisa Anda pilih, misalnya dari MomnCare, MustikaCare, atau RumahPoetriAyoe.

Anggaran: sekitar Rp 5 juta untuk paket 30 hari perawatan. 

5. Bulan Madu Kedua

Sangat wajar jika seorang ibu baru merasa bersalah meninggalkan bayinya bahkan hanya untuk liburan singkat. Tapi ibu kan juga butuh liburan! Suami Anda juga butuh perhatian. Ini juga bisa mencegah depresi pasca melahirkan (postpartum depression), sebuah kondisi yang menurut sebuah penelitian– memengaruhi 1 dari 7 wanita  

Minta tolong orangtua atau mertua Anda untuk menjaga si kecil sebentar saja, agar Anda dan pasangan bisa menikmati waktu berduaan di vila atau kamar hotel yang romantis. Sebelum pergi, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi fisik Anda siap untuk hal ini.

Anggaran: sekitar Rp 5 juta untuk paket romantis 2 hari 1 malam di Pulau Macan, Kepulauan Seribu. 

Selamat berburu, dan selamat menantikan sang buah hati!

Baca juga: Tips Berdiskusi Uang dengan Pasangan

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×