Renovasi Rumah yang Menambah Nilai Properti Anda


Dapur

Nunung merasa renovasi dapur adalah sebuah prioritas. “Bagi saya dapur sangatlah penting, jadi saya harus membuat dapur menjadi tempat yang asri dan membuat saya betah untuk memasak,” tuturnya kepada LiveOlive.

Ia mengatakan, berdasarkan pengalaman dia selama mengontrak, ia mendapatkan dapur yang kurang ventilasi dan lembab.

“Maka saya merenovasi dapur saya menjadi semi outdoor dengan memasang jendela yang sangat lebar. Selain terlihat asri karena jendela terbuat dari kaca dan menembus ke taman belakang, ini juga membuat sirkulasi udara menjadi bagus,” ujarnya. Dengan begitu, menurut Nunung, ia bisa menghemat pembelian exhaust fan seharga jutaan rupiah.

Pasang jendela yang banyak

Menurut Luthfi, jendela adalah salah satu hal penting yang harus direnovasi. Hal ini berkaitan dengan sirkulasi udara dan pencahayaan rumah. “Jika kita memasang jendela yang banyak di rumah, maka saat siang hari kita nggak harus menyalakan lampu atau memasang AC. Jika masih panas, tinggal menyalakan kipas angin,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa tindakan hemat listrik ini bisa menekan biaya listrik hingga 30%. “Tapi memang ada risiko ada debu masuk... Keuntungan mempunyai sirkulasi udara yang bagus adalah kita juga lebih sehat,” imbuh Luthfi.

  2 of 4  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×