Stop Antri! Proses Dokumen dan Surat Resmi Secara Online


Pernah nggak saat memegang nomor antrian, menunggu saat mengurus paspor atau dokumen pribadi lainnya, Anda merasa stres, bosan dan marah karena berpikir Anda kehilangan waktu untuk melakukan hal lain?  

Disamping ketidaknyamanan yang dirasakan, beberapa penelitian memperingatkan bahwa "kerepotan sehari-hari", termasuk menunggu, antri dan mengurus birokrasi, bisa menjadi penyebab stres paling tinggi. Jadi, selamatkan diri Anda dari barisan dan ketahui empat dokumen berikut yang bisa didaftarkan secara online.   

1. Paspor

Sebelum Anda melanjutkan proses pendaftaran paspor secara online, Anda perlu memindai beberapa dokumen di bawah ini:

  • Kartu Tanda Penduduk  (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akte Kelahiran
  • sertifikat pernikahan (jika Anda sudah menikah)
  • ijazah pendidikan (jika Anda baru pertama kali mendaftar)
  • paspor lama (jika Anda memperbarui paspor)

Pindai semua dokumen tersebut dalam hitam-putih, dengan ukuran maksimum 1,8 MB. Jika Anda sudah memiliki semua file dalam format jpeg, kunjungi situs Dirjen Imigrasi dan masuk melalui "Layanan Publik"-"Layanan Online"-"Layanan Paspor Online". Pendaftaran online ini memungkinkan Anda untuk memilih tanggal yang diinginkan, serta kantor imigrasi terdekat yang akan Anda datangi untuk verifikasi dokumen, pemotretan, wawancara dan pengambilan sidik jari. Paspor 48 halaman biasa akan dikenai biaya Rp 255.000, sedangkan paspor elektronik (e-passport) 48 halaman akan dikenai Rp 655.000. 

Tip: Berdasarkan pengalaman beberapa orang, akhir pekan adalah waktu yang baik untuk mengakses situs ini. Usahakan untuk mengunggah file dengan ukuran minimum 300 KB demi memastikan lampiran Anda tidak ditolak oleh sistem. Jika Anda masih memerlukan panduan, unduh cara mengisi formulir untuk pembuatan paspor online dan lihat video tutorialnya.

2. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh BJPS Kesehatan

Bagi pekerja lepas atau pekerja kontrak yang harus mendaftar sendiri untuk memperoleh JKN, pendaftaran online yang tersedia di situs BPJS Kesehatan bisa jadi sangat berguna. Layanan ini akan menghemat banyak waktu, karena siapa pun bisa mengisi data-data pribadi secara online dan membayar premi bulanan pertama di muka sebelum pergi ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mengambil kartu keanggotaan. 

Sebelum Anda memulai proses aplikasi ini, pastikan dulu Anda sudah memiliki dokumen-dokumen berikut:

  • KTP, Kartu Keluarga (KK)
  •  NPWP
  • alamat email yang masih aktif

Untuk mendaftar, masuk ke  situs BPJS Kesehatan, kemudian klik “Layanan Peserta” dan pilih “Pendaftaran Peserta”. Begitu Anda sudah berada di halaman tersebut, pilih link "User Manual Pendaftaran” yang terletak di bagian kiri atas halaman.

3. Izin Mendirikan Bangunan di Jakarta

Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) mulai memperkenalkan pelayanan IMB online sejak awal Februari tahun ini. Sistem ini memotong proses pengajuan izin mendirikan bangunan dari 14 hari menjadi 7 hari. 

Penduduk Jakarta kini bisa mengajukan permohonan untuk mendirikan bangunan tiga tingkat secara online, melalui  situs terkait. Cukup pilih "Download" di bagian menu situs sebelah kanan atas untuk memperoleh formulir-formulir yang dibutuhkan.  

Klik " Pelayanan IMB Online" untuk mendaftarkan akun dan password pribadi. Anda juga bisa mengunduh user manual guide di dalam situs tersebut. Sama seperti proses pembuatan paspor online, Anda juga diminta memindai dokumen-dokumen pribadi dan mengunggah file digitalnya untuk mengajukan aplikasi online ini.

4. Izin Seputar Pendirian Usaha di Jakarta

Siapa saja yang ingin memulai usaha di ibu kota Indonesia sekarang bisa mengajukan permohonan lisensi dan izin secara online melalui situs Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)

Anda bisa mengajukan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan izin-izin lain yang berkaitan dengan usaha, melalui situs tersebut dengan mendaftarkan sebuah akun, yang nantinya juga dapat Anda gunakan untuk memonitor prosesnya.

Kalau Anda mengetahui sistem aplikasi online lain yang bisa mempercepat proses pendaftaran tertentu, silakan bagi infonya dengan kami, ya!

Bacaan lain: Modal Bisnis Seharga Sepasang Sepatu Louboutin

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×