Saya Ingin Beli TV Anti-Petir


PERTANYAAN:

Saya pecinta sepakbola berusia 24 tahun yang bekerja di sebuah agen periklanan. Sebagai anak bungsu dari tiga bersaudara, saya masih tinggal bersama orang tua. Rumah kami berada di wilayah rawan petir. Saat ini saya sedang menimbang-nimbang pembelian televisi anti-petir berukuran 32”. Inginnya sih bisa menikmati tayangan pertandingan Piala Dunia 2014 tanpa gangguan cuaca.

JAWAB PERTANYAAN BERIKUT:

1. Apakah Anda memiliki dana darurat?
A. Tidak
B. Baru terkumpul setengah
C. Ya

2. Apa saja yang Anda ketahui tentang barang ini?
A. Saya hanya melihat sekilas iklannya di koran dan billboard
B. TV jenis ini hanya dijual di Indonesia
C. Tidak hanya tahan petir, tapi juga tetap berfungsi saat kondisi listrik tak stabil dan bisa menampilkan file gambar dan video melalui USB

3. Apakah Anda sudah menabung untuk membelinya?
A. Belum, tapi saya akan membelinya dengan fasilitas cicilan 0% dari sebuah bank
B. Belum, tapi saya bisa menggunakan sebagian tabungan
C. Ya, saya memiliki pekerjaan lepas di luar kantor

HASILNYA:

Jika Nilai Anda Kurang dari 50:

Pembelian sebuah barang sebaiknya didasari alasan yang kuat dan bukan karena faktor impulsif. Terlebih jika Anda belum memiliki dana darurat sama sekali. Sebagai individu yang tengah fokus berkarier, Anda juga perlu menyisihkan dana untuk membangun fondasi keuangan Anda sendiri. Sisihkan paling sedikit 20% penghasilan per bulan untuk pos dana darurat. Jika bayangan TV tersebut terus melintas di pikiran Anda, coba ajak dua kakak Anda untuk patungan membeli TV anti-petir tersebut, dibanding mengambil fasilitas cicilan kredit 0% dari bank.

Jika Nilai Anda Antara 50 dan 80:

Anda mendengar kalau TV anti-petir hanya dijual di Indonesia. Meski tabungan Anda terlihat sedikit “gemuk”, sebenarnya Anda belum berada dalam posisi “aman” karena dana darurat Anda belum mampu menutupi biaya hidup Anda selama 6 bulan –seandainya ada hal yang tak diinginkan terjadi. Akan lebih baik jika Anda menahan diri selama beberapa bulan, hingga jumlah dana darurat Anda sudah lebih dari Rp 18 juta. Untuk Piala Dunia tahun ini, Anda bisa nonton lewat live streaming di perangkat mobile atau ikut acara nonton bareng yang biasanya terasa lebih seru.

Jika Nilai Anda 80 atau Lebih:

Anda cukup mengenal spesifikasi produk ini dengan baik. Selamat! Ini artinya Anda mampu menentukan pilihan dan tahu manfaat apa saja yang didapat dengan pembelian TV anti-petir ini. Meski begitu, dengan kisaran harga sebesar Rp 3,5 juta-Rp 6,5 juta, barang ini bukanlah pembelian ringan. Jika TV di rumah Anda saat ini masih berfungsi dengan baik, pertimbangkan dulu untuk memasang alat penangkal petir –ini juga sekaligus akan mengamankan alat elektronik lain yang Anda miliki di rumah. Namun, jika TV lama Anda menampakkan gejala-gejala “tidak sehat” lainnya, mungkin memang sudah waktunya untuk diganti. Tunggulah sampai Anda mendapat bonus tahunan atau cobalah cari proyek-proyek kecil yang tidak menyita waktu dan bisa menambah “uang saku” Anda untuk membeli barang ini.   

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×