Bagaimana Menghasilkan Uang Saat Liburan


Liburan sudah di depan mata dan Anda mungkin sudah siap melanglang buana. Jangan hanya memanjakan mata, gunakan saat  liburan ini untuk menambah pundi-pundi uang Anda. Berikut ini beberapa ide dari mereka yang sudah mempraktekkannya. 

1. Menulis artikel perjalanan 

Anda bisa mencatat perjalanan liburan dan menuangkannya dalam bentuk tulisan, untuk kemudian dikirimkan ke media. Hal ini biasa dilakukan Kenny Santana, pemilik akun @kartupos dengan jumlah follower 55.900 yang tulisannya kerap muncul di berbagai media.

Berawal dari perjalanannya keliling Eropa pada tahun 2003, ia menemukan keindahan bertamasya dan berbagi pengalaman ke orang lain melalui tulisan di media, serta menghasilkan uang tentunya.

“Tiap melakukan perjalanan saya selalu mencari angle yang tidak biasa dari perjalanan tersebut untuk kemudian di-pitch ke beberapa editor media. Dari satu perjalanan bisa diambil beberapa angle untuk media-media yang berbeda sesuai target pembaca mereka masing-masing,” kata Kenny. “Jumlah tulisan menjadi lebih banyak, yang berarti penghasilan juga lebih banyak,” jelas pria yang dulunya bekerja di jaringan bioskop Indonesia sebagai film programming selama tujuh tahun sebelum akhirnya memutuskan menekuni hobi traveling-nya di tahun 2013.

“Cari destinasi liburan yang belum banyak dieksplor atau dibahas banyak orang, sehingga kemungkinan editor menerima karya tulisan jadi lebih besar,” jelas pria yang sudah menjelajah lima benua ini. 

2. Menjadi kontributor sebagai fotografer 

Pakai keterampilan memotret yang selama ini terpendam!

Dammer Saragih, seorang fotografer profesional yang karyanya telah menghiasi berbagai media nasional dan internasional, membagikan sarannya, “Pertama, berliburlah ke tempat yang tidak umum. Maksudnya, pilih tempat yang tidak biasa. Kedua, perbanyak interaksi dengan warga lokal, sehingga Anda tidak hanya jadi ‘penonton’. Banyak hal menarik dan kejutan muncul jika kita berinteraksi dengan warga lokal,” katanya.

“Sebenarnya tidak perlu punya skill foto yang wow, cukup punya pemahaman tentang foto traveling dan landscape. Rajin-rajinlah melihat majalah-majalah traveling untuk tahu foto seperti apa yang bisa menghasilkan uang,” lanjut pria yang pernah menetap lama di Amerika dan menyukai traveling dan fotografi sejak kecil ini.

  1 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×