Tips Hemat Dekorasi Rumah untuk Natal


"It's the most wonderful time of the year..."

Lirik lagu  catchy yang sering kita dengar di coffee shop dan pusat-pusat perbelanjaan sepanjang Desember ini mengingatkan kembali mengapa kita begitu menikmati musim liburan di akhir tahun. Kemeriahan, kebersamaan bersama orang-orang terdekat yang kita sayangi, bermacam-macam dekorasi dan kado merupakan rangkaian yang membuat Natal tak terlupakan.

Anda juga bisa mendekorasi rumah dengan gaya unik sendiri, tanpa harus menjebol  tabungan.  

Mulai dari anggaran

Kami menyempatkan diri bertanya dan menemukan banyak orang tidak berpikir tentang anggaran sama sekali ketika musim liburan tiba. Sebelum sadar, tiba-tiba Anda sudah menghabiskan jutaan rupiah untuk biaya dekorasi. Berhubung Anda masih punya beberapa minggu untuk mempersiapkan dekorasi Natal, cek dulu berapa jumlah yang sanggup Anda keluarkan tanpa memboroskan seluruh  anggaran Anda. Ingat bahwa anggaran ini harus menutup semua pengeluaran sepanjang musim liburan, dan dekorasi hanya merupakan bagian kecil dari pengeluaran. Sebagai panduan, Anda bisa membatasi pengeluaran Anda hingga mencapai 50% dari jumlah bonus tahunan atau THR yang Anda terima, serta mengeluarkan "kartu-kartu ajaib" dari dompet –sebagai antisipasi seandainya Anda memiliki keinginan impulsif untuk membeli barang yang tidak Anda butuhkan.     

Fokus ke satu bagian rumah

Ya, kami tahu kegiatan mendekor alias menata ruang bisa menyenangkan sekaligus menakutkan. Kegiatan belanja yang seharusnya singkat –hanya untuk membeli sebuah pohon natal, bisa jadi sangat menyita waktu dan menghasilkan barang-barang lain untuk ditaruh di seluruh bagian rumah. Jika Anda tidak ingin berakhir dengan banyak rongsokan, buatlah daftar belanja dan benar-benar ikuti dengan ketat. Pilih satu ruangan favorit di dalam rumah dan tata sesuai selera Anda sekeluarga. Bagi mereka yang tidak merasa cukup artistik, World Wide Web punya semua jawabannya –luangkan saja sedikit waktu untuk menyerap ide dari PinterestClipzine, atau Instagram.

Ciptakan suasana natal dengan sedikit usaha

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk berbelanja atau hanya punya sedikit dana, jangan kuatir! Natal adalah saat untuk memperingati kelahiran Yesus dan bukan tentang menciptakan pohon keren. Keluarga yang memiliki ruang terbatas bisa memanfaatkan imajinasi mereka dalam menciptakan "pohon Natal" versi mereka sendiri, misalnya dengan menempelkan foto-foto keluarga dan sejumlah kartu Natal ke dinding hingga  susunannya menyerupai sebuah pohon Natal. Berikut ini hal-hal lain yang bisa Anda tambahkan:  

  • Hias sebagian area dengan desain khas Natal, misalnya memasang wallpaper di dinding atau memasang karpet di lantai. 
  • Tambahkan sentuhan merah dan hijau untuk menekankan warna khas Natal
  • Tempelkan ornamen-ornamen yang mengingatkan kita tentang Natal di satu bagian dinding ruangan menggunakan Blu-Tack sehingga mudah untuk dibersihkan
  • Atur kartu-kartu ucapan Natal dan pernak-pernik kecil a la Natal di rak buku, kulkas, atau rak sepatu yang sudah ada di rumah
  • Detil-detil kecil untuk mengangkat mood, misalnya menaruh toples-toples berisi lilin beraroma, membungkus peralatan makan dengan Christmas stocking alias kaus kaki khas Sinterklas  
  • Ijinkan anak-anak untuk menciptakan proyek DIY sendiri –ada banyak tutorial bagus yang bisa ditemukan melalui internet.

Tahu kapan dan dimana harus belanja

Meski terdengar konyol, waktu terbaik untuk berbelanja dekorasi Natal adalah beberapa hari atau seminggu setelah Natal. Jika Anda bersedia menunggu –dan menyimpan dekorasi tersebut di gudang– Anda bisa menghemat banyak untuk tahun depan. Tempat-tempat seperti ITC Mangga Dua di Jakarta atau Pasar Atom di Surabaya akan memiliki beberapa toko yang menjual dekorasi dan lampu hias. Terakhir, cobalah berbelanja lewat situs online sehingga Anda bisa menghemat uang dan waktu transportasi, namun masih punya kendali untuk melakukan riset lewat internet dan membandingkan harga.

Baca juga: Kiat Mendapat Tiket Pesawat dan Akomodasi Murah pada Musim Liburan Sekolah

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×