Kualitas yang Menjadikan Wanita Pengusaha Sukses


kualitas wanita Indonesia

Dunia membutuhkan lebih banyak pemimpin perempuan. Penelitian selama beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa sebuah negara membutuhkan lebih banyak perempuan bergabung ke dalam lapangan kerja untuk memaksimalkan potensi pertumbuhannya, terutama dalam populasi yang menua.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh konsultan bisnis asal Inggris, Grant Thornton, terungkap bahwa proporsi jabatan senior yang dipegang oleh perempuan belum banyak berubah selama satu dekade terakhir. Di negara-negara berkembang Asia Pasifik, termasuk Indonesia, proporsi jabatan senior yang dipegang oleh perempuan terus menurun dari 25% di tahun 2009 menjadi 20% sekarang. Menurut seorang pemimpin perusahaan senior perempuan di Singapura, budaya Asia “belum cukup matang untuk menerima fakta bahwa seorang perempuan dapat mempertahankan pekerjaan dan keluarga”.

Kenyataan ini lebih dari sekedar topik debat setiap kali kita merayakan Hari Perempuan Sedunia, namun juga pengingat bagi kita untuk berhentimenilai perempuan dengan standar yang lebih tinggi – baik sebagai seorang ibu, manajer rumah tangga, atau pemimpin bisnis. Seringkali, kritik yang paling lantang justru datang dari perempuan sendiri.

Bagi para wanita yang meragukan kemampuan diri sendiri, simak beberapa alasan mengapa kaum hawa secara alami bisa menjadi pengusaha sukses:

1. Lebih bersedia untuk mendengar

wanita memiliki berbagai kualitas sebagai pengusaha

Pria dan wanita punya ukuran dan struktur otak yang berbeda. Pada wanita, bagian yang terhubung dengan emosi, perhitungan resiko, dan kemampuan untuk mendengar, lebih menonjol daripada milik pria. Hal ini menjelaskan mengapa wanita lebih suka ngobrol dan mendengarkan satu sama lain. Pria, sebaliknya, lebih banyak berkomunikasi melalui aktivitas daripada percakapan.

Sebagai seorang pengusaha, keahlian ini sangat penting untuk dapat memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen, sehingga bisnis tersebut bisa sukses.

2. Mampu mengerjakan banyak hal sekaligus

pengusaha wanita sibuk bekerja

Selama berabad-abad, perempuan telah memegang banyak peran dalam kehidupan sehari-hari mereka. Jika ia lajang, ia akan menjadi seorang anak yang dapat membantu ibunya di dapur dan belajar dari ayahnya cara mengganti ban mobil. Jika ia sudah menikah, ia akan menjadi seorang istri yang dapat membersihkan rumah, menyiapkan makan untuk keluarga, dan pada saat yang sama, mengatur pengeluaran rumah tangga.

Mempertahankan karier dan keluarga bukanlah sebuah masalah besar bagi kebanyakan perempuan, karena secara alamiah, mereka adalah multitasker sejati. Pemilik bisnis, terutama UKM, seringkali harus bisa melakukan beberapa hal sekaligus karena jumlah anggota tim yang kecil – dalam hal ini, wanita mampu melakukannya dengan lebih baik.

3. Punya empati

Penelitian Grant Thornton yang sama menunjukkan bahwa pemimpin perempuan lebih banyak ditemukan berkutat di bidang pendidikan dan layanan sosial, serta bisnis kesehatan (41%). Hal ini menunjukkan bahwa perempuan lebih sabar dan punya lebih banyak empati untuk berhubungan dengan orang-orang dari berbagai aspek kehidupan.

Sebagai seorang pengusaha, kemampuan ini sangat berguna untuk membina dan mempertahankan talenta yang tepat di dalam perusahaan.

Empati juga berguna saat memulai bisnis, karena kemampuan seorang pengusaha dalam memahami target market akan menghasilkan produk dan layanan yang lebih baik.

Seiring dengan berlanjutnya perjuangan demi mencapai kesetaraan gender, kita tidak perlu kehilangan harapan. Seperti yang dikatakan Sheryl Sandberg dalam bukunya, “Di masa depan, tidak akan ada lagi (istilah) pemimpin perempuan. Yang ada hanyalah pemimpin.” Mari berharap di masa depan kita tidak akan lagi mengenal istilah pengusaha perempuan. Yang ada hanyalah pengusaha.

Baca juga: Alasan Mengapa Perempuan Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×