5 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Dilakukan Saat Weekend


Apakah Anda sedang mencari uang untuk membayar tagihan atau utang? Atau mungkin perlu menambah penghasilan keluarga demi mengumpulkan dana pendidikan anak-anak?

Sebelum Anda menambah (lebih banyak) utang, pertimbangkan dulu beberapa ide bisnis rumahan yang cukup menggiurkan ini..

1. Blogging

Bagi Anda yang jarang bersentuhan dengan internet, aktifitas seorang blogger mungkin terdengar sepele.

blogging

Pada dasarnya internet sudah menjadi seperti sebuah media tersendiri untuk beriklan. Bila Anda bisa membuat sebuah konten yang menarik dan menarik banyak pengunjung ke blog Anda, akan banyak kerjasama bisnis yang bisa dihasilkan dari situ.

Beberapa contoh untuk inspirasi Anda:

  • Fashion Blogger: Anda suka memakai baju yang super modis dan berfoto? Anda bisa memulai sebagai seorang kurator fashion atau model di blog Anda! Anda bahkan bisa membuka toko online Anda sendiri, seperti Elle dan Jessica Yamada, atau hijaber kondang Dian Pelangi.
  • Travel Blogger: Jika Anda suka jalan-jalan, berfoto ditempat yang unik, memiliki tips liburan dengan anggaran terbatas, tulislah cerita perjalanan Anda seperti yang dilakukan Trinity Traveler dengan bukunya “The Naked Traveler”, dan Laura Hermawati dengan tips tamasya-nya. Anda tentunya bisa menciptakan gaya Anda sendiri.
  • Gardening Blogger: Anda suka berkebun? Mungkin menulis dan membuat foto, berikut tips dan trik berkebun cantik bisa menjadi awal yang menarik.

Saat orang mulai melihat Anda sebagai “ahli” dan mengunjungi blog Anda secara teratur, Anda bisa menghasilkan uang dari advertorial, sponsorship, direct selling, affiliate marketing, menulis buku, undangan sebagai pembicara, dan masih banyak lagi!

2. Homestay

Memiliki rumah di tepi danau atau di atas tebing? Atau mungkin lokasinya dekat dengan tempat wisata? 

Anda bisa mencoba mendapatkan penghasilan tambahan dengan menyewakan kamar yang tak terpakai secara offline atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh situs seperti Airbnb untuk menarik minat turis asing.

3. Pet Groomer

Jika Anda adalah pecinta hewan imut nan berbulu yang nakal dan lugu, mengapa tidak coba menyediakan jasa memandikan hewan peliharaan? Tentu saja jasa tersebut hanya sebagai permulaan. Setelah mulai dikenal, Anda bisa merambah ke area yang lebih besar seperti Pet Shop, Klinik Hewan dengan bekerja sama dengan dokter hewan, atau bahkan Kafe Kucing seperti yang kini makin populer di Jepang.

Jika jasa memandikan anjing atau kucing bisa dihargai sekitar Rp 35.000-Rp 50.000 per ekor, Anda bisa mendapatkan pemasukan Rp 500.000 per hari dengan mengurusi 10 hewan selama sehari – sekaligus bermain-main dengan mereka. Cukup lumayan, kan?

4. Kerajinan dan Merajut

Memiliki hobi merajut, menyulam atau menjahit sesuatu menjadi barang yang berguna? Bagaimana jika buat barang-barang unik dan jual lewat internet? Anda bisa mengunjungi situs seperti Craftsy dan Etsy untuk melihat selera pasar dan mencari inspirasi produk-produk yang menarik.

Coba hasilkan sesuatu yang benar-benar unik dan original, sehingga bisa menarik minat pembeli dari luar negeri. Dengan target pasar ekspor, tentu saja potensi pemasukan bagi Anda menjadi lebih besar.

5. Desainer Web

Banyak usaha kecil dan menengah (UKM) di sekitar Anda yang belum memiliki situs resmi . Pemilik UKM mungkin beranggapan bahwa biaya pembuatan web terlalu mahal untuk skala bisnis mereka, dan mereka tidak bisa membuatnya sendiri. Ini kesempatan usaha yang layak Anda coba!

Anda bisa belajar beberapa teknik membuat situs Wordpress dari YouTube, kemudian tawarkan jasa Anda kepada pemilik bisnis kecil tersebut.

Mula-mula, buatkan website dengan desain standar secara gratis – terutama jika Anda masih amatir – dengan menggunakan template dari internet yang tidak membutuhkan kemampuan pemrograman kompleks. Setelah Anda mendapatkan kepercayaan dari beberapa klien, Anda bisa meminta biaya pengelolaan web dari mereka.

Langkah pertama bagi Anda untuk memulai bisnis rumahan ialah menemukan hobi yang Anda sukai, kemudian mengembangkannya. Bisnis yang dimulai dari hobi akan terasa menyenangkan, dan ini penting karena kelak Anda akan menghadapi lebih banyak tantangan. Jika Anda melakukan sesuatu dengan hati, meraih kesuksesan bukanlah sesuatu yang mustahil.

Baca terus: 4 Peluang Usaha yang Menjanjikan di 2015

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×