Tips Memilih Asuransi Bagi Pengusaha dan Pemilik Bisnis Kecil


Perlindungan asuransi lebih penting bagi pengusaha, karena mereka tidak memiliki fasilitas yang diterima oleh karyawan, seperti gaji tetap, tunjangan transportasi, kesehatan, serta pensiun.

Kenyataannya, seringkali seorang pengusaha atau pemilik bisnis kecil rela tidak makan hanya supaya karyawan-karyawannya bisa menerima gaji tepat waktu. Lalu, ketika sang pengusaha jatuh sakit, semua harus ditanggung dengan uang sendiri.

Kami tidak merekomendasikan produk asuransi yang spesifik, namun jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, ikuti beberapa panduan berikut untuk memilih asuransi:

1. Mengetahui Human Life Value

Sebelum memilih produk asuransi jiwa apapun, sebaiknya Anda memahami dulu konsep Human Life Value. Ini artinya seberapa besar nilai hidup Anda, yang berdasarkan dari berapa banyak orang yang bergantung pada Anda secara ekonomi.

Apabila Anda adalah seorang pengusaha yang telah berkeluarga, maka selain para karyawan, anak-istri juga akan bergantung kepada pendapatan Anda.

Untuk memudahkan perhitungan, misalkan Anda memiliki penghasilan sebesar Rp 10juta perbulan, dan beban gaji karyawan rumahan yang juga sebesar Rp 10 juta perbulan, maka artinya keluarga dan karyawan Anda bergantung sebanyak itu setiap bulannya.

Seandainya suku bunga per tahun mencapai 6%, Anda membutuhkan sekitar Rp 4 miliar untuk menyediakan Rp 20 juta per bulan. Dengan begitu, apabila sesuatu tiba-tiba terjadi pada Anda, istri bisa tetap melanjutkan hidup dan menghidupi para karyawan hanya dari bunga yang didapat setiap bulan.

Nilai Rp 4 miliar itulah Human Life Value Anda.

Jumlah tersebut adalah uang pertanggungan yang perlu Anda dapatkan dalam polis asuransi jiwa Anda.

2. Proteksi pendapatan

Sebagai seorang pengusaha atau pemilik bisnis, ketika Anda jatuh sakit dan harus dirawat di rumah sakit, Anda pun kehilangan potensi untuk memperoleh penghasilan. Ketika memilih asuransi kesehatan, carilah produk yang menawarkan penggantian cash harian sebanyak waktu yang Anda habiskan dirumah sakit.

Selain itu, jenis perlindungan yang memberikan kepastian pendapatan ketika Anda terkena penyakit kritis juga layak dipertimbangkan. Hal ini supaya ketika Anda sakit tidak dapat bekerja seperti biasanya, pendapatan keluarga bisa terus mengalir dan kehidupan mereka pun tetap terjamin.

3. Asuransi untuk karyawan

Ada beragam tawaran produk asuransi dari perusahaan swasta, sehingga Anda perlu memilih satu yang sesuai untuk karyawan Anda. Hal-hal yang patut dipertimbangkan:

  • Pilih perusahaan asuransi yang menyediakan pilihan pembayaran premi, misalnya bulanan, per tiga bulan, per semester, dan tahunan
  • Pilih produk yang tidak memiliki masa tunggu terlalu lama atau pengecualian untuk penyakit yang sudah ada sebelumnya
  • Asuransi kesehatan yang memiliki bentuk pembayaran swipe card. Perlu diketahui, asuransi kesehatan ada 3 jenis, yaitu Show Card, Swipe Card dan Reimbursement.
  • Usahakan pilih yang model swipe card, alias gesek kartu, karena berlaku seperti kartu kredit, dimana total biaya langsung ditanggung oleh pihak asuransi tanpa proses administrasi dan verifikasi yang panjang
  • Asuransi dengan sistem cashless tidak akan mengganggu arus kas perusahaan Anda, dan proses administratif yang efisien tidak memengaruhi produktivitas bisnis Anda

4. Bagaimana dengan asuransi bisnis?

resiko bisnisSemua hal di atas sepertinya adalah asuransi untuk pribadi, namun bagaimana dengan asuransi untuk bisnis yang dijalankan? Berikut ini beberapa tanda bahwa Anda membutuhkan asuransi bisnis:

  • Anda baru saja berinvestasi pada mesin produksi yang mahal
  • Anda memiliki pabrik yang memiliki resiko tinggi kebakaran
  • Anda memiliki stok barang di gudang yang beresiko rusak oleh hama, hilang dicuri atau terkena bencana lainnya
  • Ingin melindungi asetperusahaan dari pencurian
  • Jika karyawan-karyawan di posisi kunci perusahaan Anda sering bepergian keluar kota atau luar negeri

Bila usaha Anda memenuhi syarat seperti di atas, maka Anda membutuhkan General Liability Insurance.

Baca juga: Tips Memilih Agen Asuransi yang Baik

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×