Catatan Pengingat Juli (2015)


1. Memaafkan dan melupakan

Di bulan Ramadhan yang penuh makna ini, ada baiknya kita membuka hati dan memaafkan kesalahan yang pernah dilakukan orang lain, misalnya rekan sekerja yang menindas kita di kantor, atau asisten rumah tangga yang mengaku telah mengambil uang di saku baju. Dengan memaafkan orang lain, kita tidak menyimpan sakit hati dan kemarahan sendiri. Ini tentunya lebih menguntungkan kita, daripada orang yang dimaafkan! Namun, jika orang tersebut belum sadar atau meminta maaf, Anda juga perlu tetap waspada dan mengingat apa yang pernah terjadi untuk mencegah kemalangan yang sama kembali menimpa Anda.

2. Cek kembali anggaran

Sebelum libur panjang tiba dan Anda disibukkan oleh berbagai hal, coba ambil waktu untuk menilik kembali anggaran Anda dan keluarga. Anggaran tidak dibuat untuk mempersulit kehidupan Anda atau membuat hidup Anda terkekang, kok! Sebaliknya, dengan anggaran ini Anda akan punya gambaran jelas tentang tujuan keuangan Anda dan bagaimana mencapainya. Jika ada "kebocoran" di bulan sebelumnya, cobalah untuk "menambalnya" bulan ini dengan menggunakan THR. LiveOlive selalu menyarankan karyawan untuk tidak menghabiskan THR dalam seketika. Setidaknya, sisihkan dulu 50% ke dalam tabungan terpisah, sehingga Anda tidak merasa ingin menghamburkan uang dalam rekening gaji Anda.

3. Mendukung gerakan sosial

Mengambil bagian dalam gerakan sosial yang Anda dukung dan percayai akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih toleransi dan sensitif terhadap keadaan di sekitar Anda. Tidak hanya bantuan berupa uang, tenaga dan pikiran Anda pun bisa menjadi sesuatu yang berharga bagi orang lain, misalnya mengajar anak-anak jalanan cara membaca dan menulis, membangun rumah untuk orang yang hidup di bawah garis kemiskinan, dan sebagainya. Jika tidak ingin sendiri, ajak pasangan dan anak-anak Anda untuk ikut serta. Ini juga bisa jadi alternatif bagus untuk menghabiskan waktu bersama ( plus, kegiatan yang satu ini tidak perlu memboroskan uang).

Coba: Alat Anggaran Lebaran LiveOlive

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×