Catatan Pengingat Komplit untuk Mempersiapkan Pernikahan Anda


Setelah berpacaran selama enam tahun, Arika dan Ponti akhirnya memutuskan untuk menikah November 2012 lalu. Dengan persiapan pernikahan hampir satu tahun, mereka berhasil menyelenggarakan acara pernikahan sesuai dengan keinginan mereka.

Berikut ini beberapa tips yang bisa mereka bagikan tentang persiapan pernikahan mereka. LiveOlive juga menyiapkan template unik, "The Ultimate Wedding Checklist" sebagai pedoman untuk merencanakan pesta pernikahan Anda sendiri!

Kapan sih waktu yang ideal untuk mempersiapkan pernikahan?

“Persiapan pernikahan idealnya minimal 8-12 bulan sebelum pernikahan. Kalau mau lebih matang persiapannya, mending 12 bulan karena biasanya calon pengantinnya sama-sama sibuk,” kata Arika yang menempuh studi S2 sekaligus bekerja saat mempersiapkan pernikahannya.

Selain itu, dengan persiapan jauh-jauh hari, calon mempelai pun punya lebih banyak bargaining power saat mencari lokasi pernikahan dan memilih vendor.

Menurut Arika, hal terpenting ialah memesan gedung pernikahan, berikut vendor catering dan dekorasinya. Jika Anda dan pasangan sudah suka dengan pilihan gedung atau vendor catering tertentu, pastikan dulu bahwa gedung, vendor catering serta dekorasi tersebut tersedia di tanggal pernikahan Anda.

Sewa wedding organizer atau persiapkan sendiri

Berhubung sama-sama bekerja, Arika dan Ponti sepakat memakai Wedding Organizer, meski hanya pada hari H saja. Waktu persiapan yang cukup panjang membuat mereka yakin untuk mempersiapkan sendiri. Arika tidak ingin melibatkan keluarga atau teman-teman untuk menjadi panitia karena ia ingin seluruh tamu yang diundang bisa menikmati seluruh acara pernikahan yang dihadiri sekitar seribu undangan tersebut.

Biaya yang dibutuhkan untuk menyewa wedding organizer sekitar Rp 15 juta. Jika Anda meminta bantuan teman-teman, setidaknya Anda perlu membiayai transport mereka.

[Baca: Biaya Tersembunyi Seputar Persiapan Pernikahan]

Tentukan tema dan undangan pernikahan Anda

“Tema pernikahan harus jelas, tradisional atau modern. Tema itu nantinya buat nentuin dekorasi, baju, dan acara hiburannya. Jangan temanya tradisional tapi hiburannya malah band,” saran Arika. Ia sendiri memilih tema yang pertama, dan menyewa penari tradisional untuk mengisi acara resepsi.

Undangan bisa memakan banyak biaya. Untuk menghemat biaya cetak, Anda bisa mencoba situs seperti wedivite.com. Cara lain yang sering dilakukan, seperti kata Arika, ialah mencetak satu undangan untuk beberapa orang sekaligus, misalnya undangan untuk teman-teman kantor. Jika ingin menggunakan media online seperti Facebook, BBM, atau WhatsApp, lebih baik buat semacam poster Save the Date beberapa minggu sebelumnya dan tinggalkan pesan kepada masing-masing tamu secara pribadi.

Beberapa saran tempat

Untuk mempersiapkan pernikahan Anda, ada beberapa tempat yang layak dikunjungi, seperti Pasar Cikini untuk mencari cincin kawin, atau Pasar Mester untuk mencari souvenir. Jika Anda memilih untuk menjahit kebaya atau gaun pernikahan, maka Anda dapat membeli bahan-bahannya di Pasar Mayestik atau Pasar Baru.

Beberapa situs yang bisa Anda kunjungi untuk melakukan perbandingan harga, misalnya bridestory.com, weddingku.com atau thebridedept.com, menyediakan profil ratusan vendor pernikahan, lengkap dengan nomor kontak dan biaya jasa mereka. Selain itu, Anda dapat mengecek situs jadwalevent.web.id untuk mengetahui pameran pernikahan serta promo yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

Cara menggunakan “The Ultimate Wedding Checklist”

Unduh lembar kerja alias template yang telah LiveOlive sediakan dalam format PDF, kemudian cetak sebanyak kebutuhan Anda. 

Di bawah ini adalah contoh cara mengisi halaman kosong yang disediakan:

Catatan pengingat untuk persiapan pernikahan 12 bulan di muka

Gunakan catatan pengingat (checklist) ini sebagai pegangan selama persiapan pernikahan 12 bulan ke depan.

Dengan persiapan yang matang, Anda dan pasangan pun bisa terhindar dari stres dan pemborosan anggaran atau overbudget.

Selamat mempersiapkan hidup baru!

Baca juga: Cara Mendapat Pernikahan Elegan Dibawah Rp 50 Juta

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×