Cara Menjual Emas bagi Pemula


Menjual aset emas adalah cara yang baik untuk memperoleh uang tunai ketika Anda membutuhkannya. Jika Anda melakukannya dengan benar, emas Anda bisa memberikan harga jual yang maksimal. Jika Anda belum pernah menjual emas sebelumnya, simak beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan.

Kelompokkan emas berdasarkan karatnya

Entah itu perhiasan emas atau logam mulia, pastikan Anda mengelompokkan emas tersebut sesuai karatnya, misalnya semua emas 14 karat di kantong yang sama dan semua emas 24 karat di kantong lain. Dengan begitu, emas-emas Anda akan ditaksir secara adil. 

Jika semuanya dikumpulkan jadi satu, pihak pembeli mungkin akan menggunakan karat yang terendah sebagai acuan harga, sehingga emas dengan karat lebih tinggi jadi dihargai lebih rendah.

Tempat untuk menjual kembali emas Anda

Antam

ANTAM gold

Emas batangan produksi Antam memang sangat populer untuk dikoleksi dengan tujuan investasi. Dani, salah satu staf customer service PT Aneka Tambang (Antam) mengatakan bahwa perusahaan tersebut memang menerima pembelian kembali logam mulia yang dibeli dari Antam.

Dani menyarankan untuk melihat situs resmi Antam – pada kolom harga buyback – untuk mengetahui harga pembelian kembali yang terbaru. Biasanya harga jual di Antam bisa mencapai 95% dari harga buyback yang tertera di situs tersebut.

“Selain bisa menjual emas di kantor pengolahan emas Antam di Pulogadung, juga bisa dilakukan di kantor pusat atau butik emas di kantor Antam lain,” kata Dani.

Pegadaian

Meski sebenarnya Pegadaian tidak bisa melakukan pembelian emas, namun Anda bisa menggadaikan emas ke salah satu cabangnya. Andi, staf customer service PT Pegadaian di kantor Tebet mengatakan bahwa emas bisa digadaikan di Pegadaian dan akan dilelang bila emas tersebut tidak ditebus.

“Syaratnya emas tersebut mengandung 70% emas atau minimal 16 karat,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa PT Pegadaian bisa mengeluarkan dana maksimal 92% dari harga pembelian emas yang tertera di PT Pegadaian. Tentu saja emas batang atau keping yang bersertifikat akan dihargai lebih tinggi.

[Baca: Bagaimana Anda Memanfaatkan Fasilitas Pegadaian]

Toko Emas

Salah satu cara lain untuk menjual emas ialah melalui toko emas atau butik perhiasan. Harga emas akan ditentukan oleh pemilik toko emas itu sendiri.

“Tapi setiap toko mungkin menaksir harga emasnya berbeda-beda,” kata Tina, salah satu pegawai toko emas di Cikini Gold Centre.

Perhatikan bahwa toko emas akan membayar sesuai bahan baku perhiasan emas Anda, bukan sesuai harganya di pasaran. Emas tersebut akan dilebur kembali, sehingga model perhiasan yang menurut Anda bagus sekalipun, tidak memiliki nilai lebih.

“Kita harus hati-hati juga, karena banyak toko emas yang sedikit licik sehingga harga emas bisa turun drastis,” kata Erdy. Beberapa cara yang digunakan antara lain dengan meragukan keaslian sertifikat atau meragukan kadar perhiasan.

Menurut Erdy, ada juga toko online yang bisa menjemput emas yang akan dijual. Biasanya toko-toko tersebut membeli emas bersertifikat Antam. “Mereka menjemput emas dan menaksir harga di tempat. Baru kalau sepakat, nanti uangnya dikirim,” ujarnya.

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah berkeliling ke beberapa toko emas dan forum online untuk memastikan bahwa Anda akan mendapatkan harga yang pantas. Kunjungi forum LiveOlive untuk mengetahui harga emas hari ini.

Apa yang perlu dibawa?

Saat menjual emas, persiapkan dokumen-dokumen berikut:

sample of gold certificate

- Kartu identitas (KTP)

- Kuitansi penjualan Logam Mulia atau perhiasan emas

- Sertifikat (untuk emas batang)

Ini akan meyakinkan pihak pembeli bahwa emas yang Anda jual bukan barang curian.

Baca juga: Hal yang Saya Pelajari Ketika Berinvestasi Emas

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×