​Hal yang Perlu Diketahui Pengguna Kartu Kredit Pemula


Di era serba digital dan otomatis seperti sekarang, metode pembayaran tunai perlahan-lahan sudah mulai berkurang. Kemanapun kita pergi – dari mulai naik taksi, makan di restoran, bayar belanjaan, hingga layanan pesan antar, semua bisa diselesaikan dengan kartu kredit.

Kemudahan inilah yang bisa menarik seseorang untuk memiliki kartu kredit begitu mulai bekerja dan menerima penghasilan tetap.

Bagi Anda yang berencana untuk mengajukan aplikasi kartu kredit atau tergolong baru memiliki kartu plastik berisi microchip ini, ketahuilah beberapa hal berikut: 

1. Pahami isi tagihan kartu kredit

Sebagai nasabah kartu kredit, Anda berhak menanyakan secara detil tentang hal-hal yang tidak Anda mengerti. Cara yang termudah ialah menelepon call center bank penerbit kartu yang biasanya siap membantu 24 jam. Jangan abaikan tagihan Anda, tapi cobalah memahami semua yang tertera didalamnya. Baca Money Basics LiveOlive untuk memperoleh gambaran jelas tentang saldo akhir, pagu kredit, tentang total pembayaran minimum, dan lain-lain.

“Di masa-masa awal punya kartu kredit, saya sempat melihat ada biaya credit shield di tagihan bulanan. Ketika saya telepon customer service, mereka dengan senang hati menjelaskan apa kegunaannya. Kalau saya keberatan dengan itu, mereka bisa membuat penyesuaian di tagihan bulan depan,” kata Sinta, seorang karyawan perusahaan swasta.

2. Kartu kredit bukan kartu ATM

Saat menerima kartu kredit untuk pertama kalinya, bank akan memberikan PIN kartu yang diperlukan ketika membayar di merchant, dan bisa digunakan untuk mengakses ATM.
Meski naluri pertama saat menghampiri ATM ialah untuk mengambil uang tunai, perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit mengenakan bunga lebih besar untuk tarik tunai, dibandingkan transaksi biasa. Oleh sebab itu, jika Anda benar-benar tidak punya uang tunai di dompet, lebih baik gunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran daripada melakukan tarik tunai – sambil mengingat bahwa Anda harus melunasinya sebelum tagihan kartu kredit berikutnya tiba!

3. Pembayaran minimum

Seperti banyak pengguna kartu kredit pemula, ketika melihat kolom “Pembayaran Minimum”, Sinta mengira ia hanya perlu membayar jumlah tersebut setiap bulannya. Setelah beberapa bulan melakukan hal tersebut, ia menyadari bahwa jumlah tagihan kartu kreditnya tak kunjung berkurang.

Dengan melakukan pembayaran minimum, Anda secara sadar mempertahankan utang kartu kredit Anda. Padahal, bank mengenakan bunga sekitar 3% per bulan atau hampir 40% per tahun! Kuncinya,kontrol pemakaian kartu kredit Anda sesuai anggaran yang tersedia dan jadikan tagihan kartu kredit sebagai prioritas utama yang harus Anda lunasi begitu menerima gaji. Pastikan Anda tidak meninggalkan saldo utang.

4. Maksimalkan manfaat kartu
Kartu kredit memang dibuat untuk memanjakan nasabahnya. Beberapa fasilitas yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  • Online shopping

Dengan memiliki kartu kredit, Anda pun semakin mudah untuk melakukan transaksi pembelian online,terutama untuk memesan tiket pesawat dan akomodasi liburan. Jika Anda ingin memaksimalkan keamanan, gunakan sistem pembayaran online semacam PayPal. Anda bahkan bisa memperoleh PayPal Buyer Protection jika ternyata barang yang Anda beli secara online dangan kartu kredit tersebut tidak sesuai dengan pesanan. 

  • Cash back

Beberapa kartu kredit kini menawarkan cash back untuk pembelian dalam jangka waktu tertentu senilai jumlah tertentu, entah itu untuk semua transaksi atau hanya di merchant tertentu, misalnya untuk pengisian bensin.

  • Beli 1 gratis 1 (buy 1 get 1)

Promo yang satu ini paling sering ditemui untuk pembelian tiket bioskop dan menu restoran di hari-hari tertentu. Jika Anda dan pasangan punya kartu kredit yang berbeda, tidak ada salahnya untuk menanyakan promo-promo yang sedang berjalan dalam bulan tersebut.
Pemakaian kartu kredit yang bijaksana tidak hanya akan memudahkan transaksi, tapi juga memberi Anda diskon untuk hal-hal yang Anda sukai.

[Kartu Kredit Pilihan untuk Anda]

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×