4 Website Bagus untuk Mencari Penghasilan Tambahan


Saat ini, banyak ibu-ibu muda yang sangat mendambakan bisa bekerja dari rumah sambil merawat anaknya. Namun, beberapa orang tidak tahu cara untuk memulainya. Kini, ada berbagai situs yang bisa mengakomodasi pekerja lepas alias freelancer untuk menemukan proyek dengan mudah.

Daniel G. Praditya, ketua Indonesian Freelancers Association (IFA) mengaku bisa meraup penghasilan tambahan sebesar USD 1.500 hingga USD 2.000 per bulan dari pekerjaan lepasnya.

“Saya umumnya mengerjakan Excel coding dan juga terjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia,” ujar pria yang saat ini memperkerjakan beberapa karyawan untuk membantunya mengerjakan beberapa proyek tersebut.

1. Freelancer.com

Freelancer.com saat ini adalah situs untuk freelancer terbesar di seluruh dunia. Menurut Daniel, situs ini bisa dibilang paling populer di kalangan pekerja lepas di Indonesia. Seperti situs freelancer lainnya, freelancer.com akan meminta Anda untuk menuliskan CV, pengalaman kerja, keterampilan yang spesifik, serta yang terpenting, judul cover letter Anda. Judul tersebut sangat penting karena hal tersebut bisa merangkum keterampilan Anda sehingga calon pencari jasa bisa langsung melihatnya. Anggap ini seperti papan iklan Anda, karena itu Anda perlu membuatnya semenarik mungkin.

“Freelancer.com juga inovatif dalam mengubah websitenya sehingga semakin mudah untuk penggunanya,” ujar Daniel. Di situs tersebut, terdapat juga pengambilan sertifikasi keterampilan oleh freelancer yang terdaftar. “Untuk mendapatkan sertifikasi ini memang harus bayar. Tapi itu malah menunjukkan nilai tambah kita sehingga pencari jasa bisa menakar kemampuan kita,” jelasnya.

Sementara itu, untuk melamar pekerjaan, Anda harus membuat semacam proposal atau cover letter. Inilah titik jual Anda karena beberapa pencari jasa membutuhkan kepastian tentang kemampuan Anda.

2. Upwork.com

Sama dengan freelancer.com, Upwork.com juga mengharuskan Anda untuk mengisi beberapa hal, termasuk CV, pengalaman kerja, serta keterampilan yang Anda miliki. Di situs ini, judul jasa Anda juga sangat berarti. Namun, sekali mendaftar, belum tentu Anda langsung diterima. Sistem otomatis Upwork akan mereview data Anda untuk memastikan Anda bukan spammer atau mempunyai akun dobel.

Upwork juga sebenarnya menyediakan sertifikasi keterampilan, bahkan secara gratis. Namun hal tersebut tidak menjadi nilai tambah Anda karena siapa pun bisa mengambil sertifikasi tersebut. Di situs ini, Anda juga akan dinilai oleh klien menurut hasil pekerjaan Anda.

Beberapa klien bahkan meminta secara khusus agar Anda tidak hanya menyalin surat lamaran atau proposal karena hal tersebut dinilai tidak menyenangkan.

3. Peopleperhour.com

Sama dengan penyedia freelance lain, peopleperhour.com juga menerima pendaftaran anggota secara gratis. Namun, Anda tidak perlu menunggu hingga aplikasi keanggotaan Anda diterima. Sebagian besar pencari jasa di situs ini membutuhkan asisten pribadi atau riset pasar di Indonesia. Banyak pengusaha asing ingin menjalankan bisnis di Indonesia, tetapi tidak memiliki kantor. Asisten pribadi online menjadi solusi mereka.

Anda bisa membuat video perkenalan diri Anda agar sang pencari jasa bisa mengenal Anda lebih baik.

4. Guru.com

Di situs penyedia jaringan freelance ini sebagian besar mencari pekerja lepas di bidang teknik, desain, atau bisnis. Bayarannya juga cukup menggiurkan. Beberapa proyek desain bahkan bisa memberikan hingga USD 2500 untuk satu desain saja.

Hal yang penting bagi Anda yang ingin bekerja lepas ialah kemampuan untuk mengatur waktu. Selain itu, jangan lupa untuk membuat akun penerima uang elektronik seperti PayPal. Bagaimana, Anda tertarik untuk bekerja dari rumah?

Baca juga: Apakah Anda Sudah Siap untuk Berhenti Kerja?

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×