Cara Menjual Rumah Melalui Perantara vs. Tanpa Perantara (dengan Gambar)


Ketika Anda mengambil keputusan untuk menjual rumah, timbul pertanyaan apakah hal tersebut lebih baik dilakukan sendiri atau diserahkan kepada pihak yang lebih ahli.

Sebelum Anda mengambil keputusan, berikut perbandingan tahap-tahap yang perlu Anda ambil jika ingin memasarkan rumah dengan atau tanpa bantuan perantara (dalam infografis):

Beberapa Hal yang Perlu Diketahui

1. Biaya untuk agen properti bervariasi, tergantung kondisi properti yang akan dijual

Semakin bagus dan menjanjikan kondisinya untuk dijual (kualitas, lokasi, dan sebagainya), semakin rendah biaya yang ditarik oleh agen. Agen bisa menarik lebih banyak (hingga 3%) untuk properti yang susah dijual, karena itu berarti mereka harus bekerja lebih keras.

2. Tentukan harga rumah dengan benar, supaya tidak butuh waktu lama supaya terjual

Menurut Endi, cepat atau lamanya proses penjualan sebuah rumah tergantung dari harga yang ditawarkan. “Kadang-kadang penjual menentukan harga sendiri, jadi bisa terlalu tinggi sehingga agak lama (untuk mencari pembeli),” kata Endi, yang mengaku paling cepat menjual properti kliennya dalam waktu dua hari. Hal ini disebabkan pemilik rumah seringkali merasa huniannya lebih bagus dibandingkan yang lain, sehingga mereka mematok harga lebih tinggi dari pasaran.

3. Gunakan sebanyak mungkin jaringan untuk memasarkan properti secara online

Kurnia, 30, salah satu orang yang pernah menjual rumahnya sendiri beberapa tahun yang lalu dengan memanfaatkan fasilitas pasang iklan gratis di rumah123.com, rumah.com, tokobagus.com, apartemendijual.com, olx.com, serta penyebaran informasi dari mulut ke mulut.

Kapan perlu lakukan penjualan sendiri?

  • Jika Anda punya jaringan bagus yang bisa menjadi pembeli potensial – teman, keluarga atau kerabat lain
  • Jika Anda punya waktu serta kesabaran untuk menerima banyak panggilan telepon dan melayani pertanyaan dari calon pembeli
  • Jika Anda punya asisten atau tidak keberatan untuk repot, misalnya pasang iklan di berbagai situs dan atau surat kabar, serta menyelesaikan urusan legal dan keuangan sendiri
  • Jika Anda bisa rasional dan berkepala dingin saat bernegosiasi dengan calon pembeli

Apabila satu atau beberapa poin di atas terasa menyulitkan bagi Anda, maka ada baiknya hubungi agen properti.

Baca juga: Kenali Pajak Jual-Beli Rumah Anda

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×