​Pentingnya Belanja 4 Hal Ini Saat Ekonomi Susah


Nina, 29, terkejut mendengar bahwa perusahaan tempatnya bekerja tiba-tiba memberhentikan beberapa pegawai sekaligus. Sebagai ibu dari seorang anak balita, ia khawatir pekerjaannya juga terancam dengan adanya perubahan yang begitu drastis. Kabar baiknya, meski keadaan ekonomi melambat, pekerjaannya aman dan ia masih memiliki dana darurat yang cukup.

Di awal Desember, beberapa media melaporkan bahwa Asian Development Bank (ADB) telah menurunkan perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebanyak 1% menjadi 4,8% tahun 2015 dan 5,3% di 2016. Ini artinya, ekonomi akan berjalan lebih lambat tahun depan, dan kita harus mempersiapkan diri dan keluarga untuk menghadapi kesulitan ekonomi.

Jika Anda beresiko kehilangan pekerjaan saat ini, simpanan dalam bentuk uang tunai penting bagi Anda, jadi pastikan Anda bisa menekan pengeluaran seminimal mungkin. Jika Anda masih memiliki utang, prioritaskan untuk melunasinya dalam beberapa bulan. Anda perlu punya  deadline untuk menjadi bebas utang. Jika Anda tidak punya dana darurat, mulailah menabung setiap bulan hingga Anda memiliki dana sejumlah 6 bulan pengeluaran bulanan di rekening bank Anda – bukan dalam bentuk emas atau jenis investasi lain yang tidak likuid.

Namun, jika kondisi keuangan Anda “aman” dan ada sejumlah uang lebih, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar belanja, meski keadaan ekonomi tidak begitu baik:

1. Penambahan keterampilan

Sekarang adalah waktu yang baik untuk mempelajari keahlian baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah ada. Tidak harus berupa gelar MBA atau mengambil kelas full-time, kok! Mempelajari satu bahasa baru secara online atau menambah keterampilan edit foto dengan Photoshop juga bisa jadi sangat berguna.

Anda bisa memilih dari sekian banyak kelas online yang kini tersedia, misalnya Squline yang menawarkan kursus bahasa Mandarin seharga mulai Rp 590.000 sebulan, Udemy yang menawarkan kelas pengembangan web seharga mulai dari USD 15 per level, Coursera, dan banyak lainnya. Kelas-kelas semacam ini hanya membutuhkan waktu dan semangat belajar Anda – karena bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Jika Anda bisa meluangkan waktu 1-2 jam sehari untuk browsing Facebook atau Instagram, tentunya Anda juga bisa melakukan ini, bukan?

2. Asuransi kesehatan

Dengan ketidakpastian lapangan pekerjaan di masa mendatang, memiliki asuransi kesehatan Anda sendiri menjadi lebih penting dari sebelumnya. Jika sesuatu terjadi pada pekerjaan Anda, otomatis jaminan kesehatan yang diberikan perusahaan juga akan hilang. Cara terbaik untuk mempersiapkan diri menghadapi hal ini ialah dengan memiliki perlindungan Anda sendiri.

Mulailah dengan BPJS Kesehatan, dan cari lebih banyak informasi mengenai produk asuransi swasta yang memberi Anda lebih banyak perlindungan berdasarkan fase kehidupan Anda saat ini.

  1 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×