Layanan Streaming Netflix: Pengganti atau Tambahan untuk TV Kabel?


Cara Berlangganan Netflix

Memiliki akses ke layanan seperti Netflix bisa dibilang seperti memiliki "perpustakaan" film Anda sendiri, namun juga akan menambah beban keuangan Anda. Bagi Anda yang ingin menghemat, Anda bisa juga hanya berlangganan selama beberapa bulan, misalnya sepanjang bulan Desember dan Januari untuk mengisi waktu liburan anak.

Saat Anda ingin berlangganan layanan streaming Netflix, cukup luangkan lima menit untuk mengunjungi situs resmi Netflix dan lakukan langkah-langkah berikut:

Klik “Start Your Free Month” untuk memulai. Netflix memberikan satu bulan gratis untuk menjaring pelanggan baru.

Pilih jenis paket yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa berbagi account dengan anggota keluarga yang tinggal di wilayah Indonesia, bahkan membuat account khusus untuk anak-anak yang otomatis hanya menyajikan tayangan dalam kategori "PG-13" dan semua umur.

Masukkan alamat email dan buat kata sandi (password) khusus untuk mengakses Netflix. Anda masih bisa mengganti password tersebut kapan saja.

Masukkan data kartu kredit Anda dan pendaftaran Anda pun selesai. Netflix akan secara otomatis mengirimkan email pemberitahuan.

Dalam hitungan menit, Anda sudah bisa langsung menikmati tayangan Netflix melalui layar device Anda!

Ada beberapa cara untuk menikmati Netflix:

  • Menonton langsung dari PC, laptop, tablet, smartphone atau dihubungkan ke TV menggunakan kabel. Harga kabel berkisar antara Rp 30.000-Rp 200.000, tergantung device yang Anda gunakan (harga bisa dilihat di sini). Pengguna produk Apple juga bisa menghubungkan iPad atau iPhone langsung ke TV melalui port HDMI. Anda akan membutuhkan Lighting Digital AV Adapter (lihat harga di sini) dan sebuah kabel HDMI yang bisa dibeli di sini.
  • Menggunakan Chromecast, alias wireless HDMI stick untuk TV Anda, yang memungkinkan untuk melakukan streaming dari smartphone ke TV tanpa sambungan kabel. Semua aplikasi mobile yang sudah mendukung Chromecast dapat ditampilkan di TV (harga bisa dilihat di sini).
  • Menggunakan Apple TV, sebuah perangkat digital media receiver berbasis aplikasi buatan Apple. Harga Apple TV di Indonesia berkisar antara Rp 1,3 juta-Rp 1,5 juta. 
  • Menggunakan Xbox dan PlayStation.

Pilihan Ultra HD bisa dikategorikan mewah, karena Anda harus berlangganan paket Netflix yang paling mahal untuk bisa menikmatinya di TV 4K UHD (resolusi layar 3840 x 2160 pixel), dengan dukungan kecepatan internet minimal 25 Mbps. Harga paket internet broadband untuk kecepatan 5 Mbps ke atas bisa dilihat di sini.

Dalam kondisi default (auto), Netflix akan menyesuaikan kualitas video streaming dengan kecepatan internet yang dimiliki pengguna, namun bisa juga disesuaikan sendiri melalui Playback Settings di halaman profile Netflix.

Untuk saat ini, Netflix masih belum memiliki kompetitor langsung, namun bisa dipastikan layanan streaming semacam ini akan bertambah dalam waktu dekat, misalnya Hooq yang dikabarkan akan masuk Indonesia bulan Februari atau Maret 2016. Semoga Anda bisa memilih dengan bijaksana.

Bacaan lain: Trik Memulai Karir Sebagai Freelancer

  2 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×