Lakukan 3 Hal Ini untuk Mempromosikan Usaha Rumahan Anda


3. Jalankan Aktivitas Jual-Beli di Aplikasi Online

Aplikasi atau portal jenis ini bisa diakses secara luas oleh siapa saja, tanpa harus berada dalam jaringan pertemanan terlebih dahulu. Ini cara yang relatif murah untuk memperluas segmen dan jangkauan distribusi usaha rumahan Anda, misalnya meski lokasi Anda di Makassar, Anda bisa menjangkau calon pembeli dari Jakarta atau kota-kota lain di seluruh Indonesia yang sudah terhubung internet. Beberapa aplikasi online yang bermanfaat, antara lain:

A. Marketplace (Situs Jual-Beli)

Tak hanya lewat situs atau blog pribadi, pemilik bisnis online bisa mengiklankan produk mereka di marketplace, yakni jenis portal yang memberikan kesempatan bagi pengusaha UKM untuk melakukan promosi secara gratis, dengan memiliki halaman toko online mereka sendiri.

Beberapa online marketplace yang cukup terkenal di Indonesia ialah Tokopedia, Bukalapak, OLX, Blibli, Lazada, dan sebagainya.

Tip: Layaknya berjualan di sebuah pusat perbelanjaan, ada persaingan untuk menarik pengunjung ke marketplace. Oleh sebab itu, selalu tampilkan profil menarik dengan alamat dan data kontak yang lengkap. Berikan foto dan deskripsi produk dengan sangat jelas, kemudian pastikan Anda selalu memberikan respon kepada calon pembeli dengan cepat. Anda juga bisa mencantumkan hari dan jam kerja dimana Anda akan menjawab kurang dari dua jam. Dukung pula dengan testimoni-testimoni yang baik untuk meningkatkan rating toko Anda.

B. Google Bisnisku (Google My Business)

Saat ini, 4 dari 5 konsumen mencari informasi lokal melalui search engine. Karena itu, fitur gratis yang disediakan oleh Google ini akan memperbesar kemungkinan usaha rumahan Anda ditemukan oleh pengguna internet. Dengan mendaftar di Google Bisnisku, bisnis Anda akan muncul di daftar pencarian teratas berbasis lokasi (local listing). Google Bisnisku (Google My Business) adalah pembaharuan dari Google Places. Untuk lebih jelasnya, baca ini.

Tips memanfaatkan Google Bisnisku untuk usaha rumahan Anda:

  • Seringkali terdapat bisnis dengan nama yang sama atau berada di lokasi yang sama. Untuk mengoptimalkan pencarian melalui alamat dan nama bisnis, Anda perlu menghapus duplikat dan bisnis yang sudah tidak ada di sekitar lokasi Anda.
  • Klik duplikat atau bisnis yang sudah tidak ada tersebut, masuklah ke opsi “more” dan pilih ”report a problem”. Kemudian laporkan bahwa bisnis tersebut sudah tidak ada atau ada pendaftaran lain yang yang memakai nama bisnis Anda – sertakan juga link-nya. Google akan melakukan penyelidikan terhadap hal tersebut, jadi jangan coba-coba untuk melakukan kebohongan, karena Google bisa menghapus bisnis Anda.
  • Jangan mencampurkan kata kunci ke dalam judul. Jika nama usaha yang Anda jadikan kata kunci adalah “Kedai Pasta Lala”, jangan membuat judul “Kedai Pasta Lala – Restoran Berkualitas di Bogor” atau sejenisnya. Hal ini akan membuat nama Anda merosot ke urutan terbawah.

C. Google Adwords

Aplikasi ini merupakan produk iklan berbayar yang disediakan oleh Google. Program yang dikenal sebagai medium Search Engine Marketing (SEM) ini pada dasarnya bertujuan untuk beriklan dengan sarana search engine.

Pemasaran melalui Google Adwords bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  • PPM (Pay Per Million Impressions), yaitu pengiklan membayar ke Google untuk penayangan iklan per 1000x tayang
  • PPC (Pay Per Click), yaitu pengiklan membayar berdasarkan jumlah klik yang diperoleh. Jika iklan tampil di mesin pencari namun tidak ada yang mengikuti, maka pengiklan tidak perlu membayar biaya tayang tersebut.

Platform tersebut bisa ditampilkan dalam Google Search berbentuk teks dan keywords, atau melalui Google Display Network, tempat iklan Anda muncul di situs-situs yang tergabung dalam jaringan Google dalam bentuk teks, image, animasi flash, atau video.

Tips: untuk mengoptimalkan target pencarian, gunakan kata kunci (keyword) yang paling banyak dicari oleh pengunjung di search engine. Gunakanlah Google insights atau Google Trends untuk mengetahui tren keywords yang sedang berlaku saat ini. Keduanya tepat untuk melihat tingkat kompetisi pemakaian keyword untuk beriklan di Adwords. Jika Anda berminat, Anda bisa mengunjungi situs resmi Google Adwords.

Apa pun jenis media yang dipilih, proses promosi membutuhkan pemeliharaan dan keuletan dari si pelaku bisnis. Cara terbaik ialah dengan melakukan pemasaran tak hanya melalui satu media online, melainkan memanfaatkan sebanyak mungkin channel yang ada. Lakukan secara elegan dan tertata, sehingga upaya Anda tidak dianggap mengganggu privasi dan kenyamanan calon konsumen.

Baca juga: 20 Peluang Bisnis Rumahan Bermodal Kecil dengan Penghasilan Menjanjikan

  2 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×