Perbandingan Gaji Pria dan Wanita: Apakah Sudah Setara?


Gaji Manajer Wanita Bisa Lebih Tinggi untuk Bidang Tertentu

Meski secara umum gaji wanita masih lebih kecil daripada pria, ada beberapa industri atau bidang usaha yang menghargai wanita secara finansial lebih tinggi dari pria, misalnya:

Fashion dan Tekstil

Saat ini, makin banyak bermunculan desainer pria berbakat yang mengisi panggung fashion atau bekerja di rumah mode, tapi data menunjukkan bahwa industri tekstil, fashion dan pakaian masih menghargai wanita dengan angka gaji yang lebih tinggi. Menurut Qerja, gaji rata-rata manajer wanita yang bekerja di industri ini berkisar Rp 8 juta hingga Rp 15 juta, sementara gaji rata-rata pria di level manajer berkisar Rp 5,9 juta hingga Rp 14 juta.

Kecantikan dan Gaya Hidup

Salon kecantikan dan spa mulai banyak menawarkan banyak metode dan teknologi untuk merawat kecantikan. Lebih banyak wanita yang tertarik mencari jasa semacam ini, maka tak heran jika staf wanita lebih dicari untuk mengisi posisi-posisi di bidang ini. Gaji manajer wanita berkisar antara Rp 8 juta-Rp 12 juta, sementara manajer pria antara Rp 5,5 juta-Rp 8 juta. Cukup besar bedanya, bukan?

Otomotif

Dunia otomotif memang didominasi laki-laki. Uniknya, industri ini mau memberikan angka yang lebih besar untuk staf wanita dengan rentang rata-rata gaji Rp 12 juta-Rp 23 juta, dimana jumlah ini wajar didapatkan oleh staf manajer wanita bagian penjualan ( sales). Sementara, bagi manajer pria, rentang rata-rata gaji mencapai Rp 8 juta-Rp 18 juta.

Kesetaraan gender dan gaji masih akan menjadi pekerjaan rumah kita bersama, bahkan hingga beberapa tahun mendatang. World Economic Forum (WEF) memperkirakan bahwa kesenjangan ini tidak akan tereliminasi hingga tahun 2133.

Oleh sebab itu, mungkin sudah saatnya kita tak lagi memfokuskan usaha untuk meminta kesetaraan atau mendukung feminisme saat memperingati Hari Perempuan Sedunia (International Women's Day), melainkan senantiasa mendorong terjadinya perubahan norma di dalam masyarakat. Dengan begitu, mudah-mudahan para wanita juga sanggup disejajarkan dengan pria, mau bekerja lebih keras lagi dan memberi teladan yang baik bagi generasi selanjutnya, sehingga layak untuk mendapatkan kesetaraan yang nyata.

Baca juga: Bisakah Berinvestasi dengan Gaji Rp 5 Juta?

  2 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×