Bagaimana Saya Bisa Mengenali Penipuan (Scam)?


Cara Menghindari Penipuan Investasi

1. Tidak mempercayai hal yang terlalu “manis”

Investasi ‘bodong’ bisa ditawarkan lewat berbagai medium, dari mulai email, telepon, hingga teman dan kerabat dekat. Oleh karena itu, waspadai segala bentuk pengumuman yang mengatakan Anda telah memenangkan undian atau memperoleh tawaran khusus selama periode tertentu. Ingatlah bahwa sesuatu yang too good to be true, kemungkinan besar memang demikian adanya.

2. Memastikan ijin perusahaan investasi

Hal pertama yang perlu dicek saat memperoleh penawaran investasi adalah ijin perusahaan tersebut sebagai perusahaan investasi. Jika sebuah produk investasi keuangan tidak memiliki ijin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), maka itu bisa jadi peringatan bagi Anda.

3. Mengerti produk investasi yang ditawarkan

Sebelum mengambil keputusan apapun, pastikan Anda memahami produk investasi yang dijual dan meminta pendapat pasangan atau keluarga Anda. Ini untuk mencegah agar Anda tidak memutuskan secara tergesa-gesa atau di bawah tekanan. Pada saat Anda mengisi formulir pembelian, baca fine print yang tercantum dan jangan ragu untuk bertanya sebanyak mungkin hingga Anda mengerti segala resikonya.

Baca juga: 4 Jenis Penipuan yang Sering Menjebak Wanita

  2 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×