Layanan yang Membantu Hidup Ibu


Memiliki anak bisa mengajarkan banyak hal kepada orang tua. Beberapa diantaranya ialah bagaimana menjadi manajer rumah tangga yang baik dan mencari solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi sehari-hari, dari mulai cara membagi waktu dengan anak, mencari pembantu, mengajarkan disiplin pada anak, dan seterusnya.

“Pekerjaan rumah tangga itu seakan tidak ada habisnya, karena itu begitu punya anak jadi susah sekali memperoleh waktu untuk diri sendiri,” kata Dinny, seorang ibu rumah tangga yang memiliki dua anak dan sudah berhenti dari pekerjaan tetapnya. Rutinitas hariannya kini dimulai dari membuat sarapan untuk keluarga saat dini hari, membangunkan anak-anak supaya tidak ketinggalan bus sekolah, belanja dan menyelesaikan pekerjaan rumah sebelum mereka kembali dari sekolah, kemudian membantu anak mengerjakan pekerjaan rumah, hingga menyiapkan makan malam dan menyambut suami saat ia pulang kantor.

Untuk membantu wanita-wanita tangguh seperti Dinny, berikut ini beberapa fasilitas layanan yang bisa meringankan pekerjaan seorang ibu:

1. Penyedia jasa asisten rumah tangga

Keberadaan seorang baby sitter atau pembantu sudah menjadi hal yang wajar bagi keluarga di Indonesia, terutama di kota-kota besar – dimana kedua orangtua sama-sama bekerja. Saat mereka tidak ada, para orang tua pun akan kewalahan dan bertanya kesana kemari demi mencari pengganti.

Beruntung sekarang tersedia beberapa situs yang menyediakan pilihan tenaga kerja, baik untuk asisten rumah tangga atau baby sitter. Situs-situs ini memungkinkan Anda melihat informasi dan foto para calon pekerja, kemudian memanggil salah satu untuk wawancara. Pada tahap ini, Anda biasanya hanya dikenakan biaya keanggotaan atau administrasi yang besarnya sekitar Rp 100.000. Kemudian, jika Anda memutuskan untuk mempekerjakan orang tersebut, barulah Anda membayarkan sejumlah biaya ke pihak agen yang menyalurkan tenaga kerja tersebut.

Salah satu staf LiveOlive mencoba layanan tersebut, dan mendapat respon dalam hitungan jam. Ada baiknya saat memanggil calon pekerja tersebut, Anda menekankan kriteria yang harus dipenuhi – misalnya bisa membaca dan menulis, sudah menikah, dan sebagainya.

Beberapa layanan penyedia tenaga kerja (baby sitter, perawat, supir, tukang kebun) antara lain:

Pembantu.com - http://www.pembantu.com/

PT Dani Mandiri - http://danimandiri.com/

LPK Cinta Keluarga - www.lpkcintakeluarga.co.id

2. Pengiriman ASIP

Menurut beberapa penelitian, bayi-bayi yang mengonsumsi air susu ibu (ASI) secara eksklusif akan memiliki daya tahan tubuh, pertumbuhan, serta perkembangan otak yang bagus. Oleh karena itu, para ibu disarankan untuk menyusui bayi secara eksklusif selama 6 bulan.

Bagi ibu yang kembali bekerja setelah cuti hamil, salah satu hal yang paling dikhawatirkan ialah pemberian ASI. Saat ini sudah tersedia layanan penjemputan ASI perah di dalam kota, yang menjamin pengiriman dalam waktu kurang dari 4 jam. Layanan ini menggunakan moda pengantaran dengan sepeda motor yang dilengkapi cooler bag, mini freezer, ice pack, plastic klip bersegel, bahkan label nama atau barcode untuk menghindari kemungkinan ASI tertukar. Biaya pengantaran mulai Rp 25.000 di area Jakarta dan sekitarnya.

Beberapa layanan delivery ASI yang bisa dicoba:

PONG ASI Delivery - http://www.pongasidelivery.com

JESIKA (Jemput ASI Seketika) - http://www.jne.co.id/product-01-07.php

AJAIB (Antar Jemput Air Susu Ibu) - http://asiajaib.blogspot.co.id

  1 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×