Tempat Strategis Menjual Barang Bekas di Jakarta


4. Jam Tangan Bermerek

“Biasanya penjual nggak mau beli jam bekas kalo bukan jam mewah,” kata salah satu penjual jam di ITC Kuningan saat ditanya apakah kita bisa menjual jam tangan merek menengah, seperti Casio atau Swatch di sana.

Jam tangan mewah yang dimaksud antara lain keluaran merek Rolex, Piaget, TAG Heuer, Bulgari, Cartier, Chopard, Patek Philippe, Omega, Oris, Panerai, Breitling, dan sekelasnya.

Jika Anda memiliki jam tangan dengan salah satu merek di atas yang ingin Anda jual, pastikan kelengkapan seperti sertifikat, kotak, dan item-item lain yang Anda dapatkan saat pertama kali membeli jam tangan tersebut turut Anda bawa. Alasannya, sebagian besar penjual tidak mau menerima jam tangan mewah bekas yang tidak lengkap.

Menurut beberapa penjual di sana, jam tangan bekas merek Rolex yang kondisinya masih prima bisa dijual kembali seharga Rp 30 juta-Rp 50 juta.

Informasi lebih lanjut:
1. VIP Watch
ITC Kuningan, Lantai Dasar, Blok D2 No.10
Jl. Prof. Dr. Satrio No. 8, Karet Kuningan
Jakarta Selatan-12940
Jam buka: Setiap hari, pk 10:00-21:00
Nomor kontak: 021-57933858, 0858-8871-6828
BB Pin: 267540AC

2. King Arloji
ITC Kuningan, Lantai 1, Blok D2 No.8
Jl. Prof. Dr. Satrio No. 8, Karet Kuningan
Jakarta Selatan-12940
Jam buka: Setiap hari, pk 11:00-20:00
Nomor kontak: 021-57934603, 0813-1122-7652

5. Buku

Jika Anda berpergian ke lantai basement Blok M Square di Jakarta Selatan, Anda akan menjumpai banyak toko buku yang memenuhi lantai tersebut. Toko-toko buku ini menjual berbagai jenis buku, dari mulai buku baru, buku bekas, hingga buku langka – tentunya dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan toko buku di mal.

Kabar baiknya, Anda juga bisa menjual buku-buku lama Anda, entah itu buku-buku pelajaran, novel, komik, dan sebagainya.

Tempat lain yang bisa Anda kunjungi adalah Plaza Festival, Kuningan, Jakarta Selatan. Mirip seperti toko-toko buku di Blok M Square, toko-toko buku di Plaza Festival merupakan "surga" bagi para kolektor buku lawas. Bahkan, koleksi majalah untuk anak-anak, majalah wanita, buku-buku impor, buku-buku sejarah juga bisa ditemukan di sini.

Informasi lebih lanjut:
1. Blok M Square, Lantai basement
Jl. Melawai V, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari, pk 11:00-20:00

2. Plaza Festival, Lantai dasar
Kompleks Epicentrum, Jl. HR Rasuna Said Kav. C No. 22
Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari, pk 10:00-21:00

6. Baju

Menurut pengamatan LiveOlive, memang tidak mudah untuk menemukan tempat yang bersedia membeli baju-baju bekas. Hal ini mungkin dikarenakan persediaan baju bekas relatif lebih besar dibandingkan permintaannya.

Tapi, jangan khawatir! Jika Anda tidak bisa menemukan tempat untuk menjual baju bekas, Anda masih bisa kok menjual koleksi busana Anda dengan koneksi sendiri, misalnya lewat media sosial seperti Instagram atau Facebook, atau ikut event garage sale yang sudah populer.

  • Berjualan lewat media sosial

Pertama-tama, buat akun khusus yang memang ditujukan untuk berjualan dan hindari memakai akun pribadi Anda. Dengan begitu, teman-teman, keluarga, serta kolega Anda tidak akan merasa terganggu oleh postingan Anda.

Anda harus memaparkan peraturan yang berkaitan dengan jualan Anda sedetail mungkin untuk menghindari ketidakpuasan konsumen – misalnya seputar kebijakan pengembalian barang, biaya ongkos kirim, metode pembayaran, batas waktu maksimal pembayaran, dan sebagainya.

Kualitas foto barang yang Anda jual sangat berpengaruh dalam menarik calon pembeli, karenanya pastikan untuk membersihkan setiap barang yang hendak Anda jual, lalu tambahkan latar belakang yang bersih dan simple. Sinar matahari alami adalah “filter" terbaik yang bisa Anda gunakan! Hindari keinginan untuk menghilangkan cacat pada barang dengan cara mengedit foto – pembeli Anda akan lebih menghargai kejujuran Anda.

Seandainya ada banyak baju yang hendak Anda jual, Anda bisa menjadwalkan satu posting tiap beberapa jam atau beberapa hari sekali. Ini akan memancing calon pembeli untuk mengunjungi akun Anda dari waktu ke waktu.

Jika Anda memakai Instagram, tambahkan tagar alias hashtag yang mempunyai postingan mirip dengan barang yang Anda jual, misalnya #bajubekasmurah, #jualansis, #garagesale, #garagesaleindo, #garagesalejkt, di setiap postingan Anda untuk meningkatkan jangkauan pembaca.

Untuk Facebook, coba ikuti beberapa grup dan tawarkan baju bekas Anda disana. Jangan lupa untuk memperhatikan peraturan masing-masing grup, karena setiap grup memiliki cara yang berbeda. Jika Anda tidak keberatan untuk mengeluarkan biaya, Anda bahkan bisa melakukan posting berbayar dengan menentukan target pembeli yang sesuai.

  • Berjualan melalui garage sale

Salah satu event garage sale yang sudah memiliki pasarnya sendiri misalnya Pink Garage Sale. Garage sale ini bermula sejak November 2013, dimana para peserta dapat menyewa meja selama acara berlangsung untuk menjual berbagai barang bekas pribadi, seperti pakaian, tas, makeup, parfum, buku, barang-barang pria dan anak-anak, peralatan rumah tangga, dekorasi rumah, lukisan, dan lain-lain.

Hingga saat ini, Pink Garage Sale telah menjangkau 5 kawasan di Jakarta, yakni Kebayoran Lama, Kemang, Menteng, Pos Pengumben, serta Daan Mogot.

Pihak penjual hanya diperbolehkan membawa satu rak gantungan untuk pakaian dan beberapa kontainer per meja. Penataan barang-barang untuk persiapan jualan pun hanya diperbolehkan pada hari acara berlangsung, sehingga Anda bisa datang ke tempat acara paling awal pukul 06.30 pagi saat pintu gerbang dibuka.

Anda bisa berpartisipasi di acara Pink Garage Sale berikutnya tanggal 13-14 Agustus 2016, di Kebayoran Lama. Ada dua pilihan sewa yang dapat Anda pilih, yakni seharga Rp 200.000 untuk 1 hari, atau Rp 320.000 untuk 2 hari – Anda akan memperoleh sebuah meja berukuran 3 m2 dan 2 buah kursi.

Informasi lebih lanjut:
Pink Garage Sale
Jam buka: Sabtu dan Minggu, pk 08:00-15:00
Email: [email protected]
Nomor kontak: 0878-7841-1084
Facebook/ Instagram: Pinkgaragesaleid 
Twitter: @PinkGarageID

Baca juga: Cara Menjual Emas bagi Pemula

  2 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×