Cara Menghasilkan Uang dengan Fotografi


4. Menjadi Fotografer Liburan

Kegiatan berlibur kini tak hanya merupakan kegiatan refreshing atau bersantai bersama keluarga, melainkan bisa jadi ajang pamer di media sosial. Di sinilah peluang Anda untuk menjual jasa sebagai fotografer liburan.

Salah satu perusahaan yang menawarkan layanan seperti ini adalah Sweet Escape, yang menawarkan paket liburan ke 195 negara dengan harga sekitar $400 untuk 2 jam pemotretan.

Siapa tahu, dengan cara ini, Anda berkesempatan menemukan tempat-tempat baru yang inspiratif sambil ‘berlibur’ berkat kemampuan fotografi.

5. Memasang Foto Sebagai Elemen Dekoratif

Hasil foto Anda bisa menjadi daya jual suatu benda seni atau tulisan. Salah satu contohnya ialah foto untuk kalender yang didistribusikan rutin dari tahun ke tahun serta dibutuhkan oleh berbagai organisasi dan perusahaan untuk keperluan branding.

Fotografer Jerry Aurum adalah salah satu fotografer yang sukses dengan trik ini. Seperti dituturkan dalam buku dan blognya, Jerry menawarkan toko kecil di kampusnya untuk menjual kalender yang berhiaskan foto-fotonya dengan sistem komisi – hasilnya terbilang sukses karena terjual semua. Setelah itu, Jerry juga mengirimkan beberapa buah kalender sebagai sample ke agensi periklanan dan perusahaan. Singkat cerita, beberapa hari kemudian, ia mendapatkan tawaran untuk memotret untuk sebuah perusahaan.

Anda juga bisa memanfaatkan foto Anda sebagai gambar pada kartu pos, kartu ucapan, dan sebagainya, kemudian menjualnya secara online atau melalui berbagai online shop yang sudah ada.

6. Mengajar Fotografi

Jika Anda cukup beruntung bisa menyelesaikan kursus fotografi berkualitas atau merasa unik karena memahami ilmu fotografi tertentu yang tidak mudah didapat dari guru atau tutorial mana pun, Anda mungkin bisa menjadi seorang pengajar!

Dengan menjadi tutor fotografi, Anda akan membantu orang lain yang tertarik fotografi, namun kesulitan untuk belajar sendiri. Coba tawarkan jasa di situs seperti seekmi.com untuk calon murid yang ingin jadwalnya disesuaikan dengan jadwal Anda.

7. Menjadi Fotografer Dokumentasi

Jika Anda sering memotret acara-acara internal kantor atau untuk keluarga dan sahabat, Anda bisa menawarkan jasa melalui teman-teman Anda yang bekerja atau memiliki usaha event organizer.

Fotografer untuk dokumentasi tidak hanya sekedar mengambil foto pada saat acara berlangsung, melainkan harus peka menangkap momen dan mampu menyajikan komposisi yang menarik.

Jika Anda memiliki komitmen waktu lebih banyak, Anda bisa menawarkan jasa melalui situs-situs seperti freelancer.com, carijasa.co.id, atau modelmayhem.com. Situs yang terakhir ini bisa mempertemukan Anda dengan komunitas model yang mencari fotografer.

Baca juga: Trik Memulai Karir Sebagai Freelancer

  2 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×