8 Produk Murah Meriah yang Mengurangi Kebiasaan Membajak


5. Perpustakaan Digital

Masih seputar buku, cara lain untuk memperbanyak bahan bacaan dan menghindari pembajakan ialah dengan mencari sumber-sumber ebook di perpustakaan digital dan situs archive ebook seperti Project Gutenberg. Proyek yang dikerjakan ribuan sukarelawan dari seluruh dunia ini memiliki database sekitar 50.000 ebook gratis dari buku-buku yang sudah menjadi public domain.

Bagi yang ingin membaca buku-buku Indonesia, Jakarta Digital Library (iJakarta) merupakan perpustakaan digital lokal yang patut dicoba. iJakarta tersedia dalam mobile app, yang memungkinkan kita meminjam beberapa buku secara gratis dan membacanya di HP atau tablet. Ebook ini nantinya bisa dibaca secara offline, asalkan sudah diunduh ke mobile device Anda.

6. Steam

Di Indonesia, membeli video game menjadi kebutuhan sekunder yang bisa menguras kantong. Harga satu keping CD video game bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Solusinya? Coba kunjungi situs resmi Steam atau install Steam Store di komputer. Di sana, tersedia ribuan game digital, baik yang bisa dimainkan di PC, Mac, Linux box, mobile device, atau TV. Harganya jauh lebih murah dibandingkan membeli kepingan CD, dan dari waktu ke waktu Steam selalu mengadakan sale untuk banting harga game-game yang populer seperti Dota 2, Counter-Strike: Global Offensive, Grand Theft Auto – misalnya saat Black Friday waktu Amerika Serikat. Beberapa game juga dapat diunduh secara gratis.

7. Stageit

Jika Anda termasuk orang yang menyukai konser dan sering membeli DVD bajakan berisi live concert, ini saatnya untuk mencoba menonton online performance venue semacam Stageit.

Didirikan 5 tahun yang lalu, perusahaan asal California ini menyediakan platform bagi musisi yang tampil lewat webcam. Situs ini tidak menyimpan atau memperbanyak kontennya untuk distribusi, melainkan mengijinkan penonton menyaksikan konser tersebut secara live dan membayar tiket menggunakan “mata uang” notes. 10 notes setara dengan USD 1, dimana sekitar 63%-83% dari penjualan tiket dan tip akan diberikan ke artis.

Jika kita menyukai karya seorang artis, cara terbaik untuk mendukung dan memastikan ia tetap menghasilkan uang ialah dengan membeli produknya secara resmi.

8. TV Show Streaming

Saat liburan tiba, daripada membuang puluhan ribu untuk memborong belasan keping DVD bajakan yang berisi serial TV Hollywood atau K-drama, lebih baik sambungkan TV ke laptop dan nikmati tayangan video streaming melalui internet yang tidak menghabiskan uang serta ruang penyimpanan di rumah.

Jika mau cermat, ada banyak situs semacam ini yang menyediakan ratusan TV show secara gratis, misalnya Viki, Viu, atau MyAsianTV. Dua nama yang disebut di muka memiliki pilihan premium subscription alias langganan minimal Rp 29.000 untuk memperoleh pilihan lebih lengkap dan bebas iklan, sementara yang terakhir menawarkan tayangan gratis dengan teks Bahasa Inggris dan banyak gangguan iklan.

Dengan banyaknya pilihan di atas, semuanya tergantung kita. Menjadi pribadi yang disiplin dan taat hukum memang tidak mudah, namun pada akhirnya akan membentuk kita menjadi pribadi yang lebih berintegritas dan mudah menyesuaikan diri di mana pun kita berada.

Baca juga: Stop Antri! Proses Dokumen dan Surat Resmi Secara Online

  2 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×