Saya Ingin Mengambil Sertifikasi Selam


PERTANYAAN:

Saya berusia 29 tahun, menikah, dan saat ini belum memiliki anak. Suami saya adalah penggemar olahraga selam dengan sertifikat advance, dan ia selalu memilih tujuan wisata untuk menyelam setiap kali kami memikirkan liburan. Lama-kelamaan saya juga ingin bergabung dalam kegiatan divingnya, karena itu saya ingin mengambil sertifikasi menyelam dalam waktu dekat. Harga untuk mengikuti kursus Open Water adalah sekitar Rp 5 juta, yang mencakup perjalanan ke pulau untuk ujian akhir.          

1. Apakah Anda memiliki dana darurat (terpisah dari tabungan milik suami)?
a. Ini pertama kali saya mendengarnya
b. Saya telah menyimpan sekitar Rp 15 juta dalam tabungan deposito 
c. Ya, saya dan suami sudah memiliki dana darurat milik masing-masing

2. Bagaimana Anda akan membiayai kursus menyelam ini?
a. Saya akan membayar dengan kartu kredit, kemudian melunasinya
dalam tiga bulan
b. Saya akan menunggu hingga memperoleh uang yang saya simpan
dalam deposito
c. Saya akan menggunakan sebagian dana liburan kami

3. Seberapa besar Anda menikmati olahraga air?
a. Saya suka pergi ke pantai, namun tidak begitu mengenal olahraga air
b. Saya berenang secara rutin di gym
c. Saya sudah pernah mencoba snorkeling beberapa kali bersama suami
dan menyukainya



JAWABAN:

Jika Nilai Anda 50 atau Kurang:

Suami Anda jelas di balik pemikiran Anda untuk mengambil kursus selam. Meski demikian, Anda sebaiknya mengetahui tentang olahraga tersebut lebih banyak sebelum memutuskan untuk menghabiskan uang dan beberapa minggu waktu Anda untuk memperoleh sertifikat --apalagi jika Anda belum memiliki dana darurat yang cukup. Ingat bahwa memiliki sertifikat selam hanyalah pengeluaran awal bila Anda memutuskan untuk menekuni hobi ini. Masih ada pengeluaran lain, seperti untuk peralatan selam. Minta saran suami Anda untuk mencari hal-hal lain yang Anda berdua sukai dan ingin lakukan saat liburan, misalnya wisata kuliner. 

Jika Nilai Anda Antara 50-80:

Anda dapat mengambil kursus menyelam kapan saja Anda inginkan, namun sementara Anda mengumpulkan tabungan atau dana liburan, lakukan dulu riset mengenai tipe sertifikasi yang paling sesuai untuk Anda dan hitung berapa anggaran yang Anda perlu siapkan untuk membeli peralatan selam, seperti baju selam, regulator, sepatu selam, sepatu katak dan banyak lagi. Peralatan selam bisa menghabiskan sedikitnya Rp 3 juta, dan itu belum termasuk biaya perjalanan.  

Jika Nilai Anda Diatas 80 atau Lebih:             

Sebagai pasangan, Anda berdua ingin menciptakan ikatan yang lebih kuat. Mengingat Anda tahu betapa suami menyukai olahraga selam dan sudah mengikuti beberapa perjalanannya, ini saat yang tepat untuk mengambil kursus selam. Diskusikan dengan suami tentang kapan waktu terbaik untuk berlibur bersama dan jangan habiskan dana terlalu banyak di muka untuk membeli peralatan selam sebelum Anda mengetahui apa saja yang Anda perlukan untuk bisa menikmati olahraga tersebut. Sebagai pemula, Anda bisa menyewa atau meminjam peralatan selam dari suami Anda.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×