Saya Ingin Membuat Foto Pra Nikah


PERTANYAAN:

Saya dan pasangan baru bertunangan dan kami berencana untuk menikah tahun depan. Berhubung kami akan membayar biaya pernikahan kami sendiri, kami masih menabung khusus untuk tujuan tersebut. Dengan dana terbatas yang kami miliki, saya berpikir apakah mungkin untuk membuat foto pra nikah. Saya ingin foto-foto tersebut tak terlupakan, karena itu kalau bisa kami ingin menyewa fotografer artistik dan memilih lokasi unik di Uluwatu atau Ubud (Bali). Biayanya mungkin sekitar Rp 10 juta, tetapi itu tidak termasuk tiket pesawat dan akomodasi.  

 

1. Bagaimana Anda berencana untuk membiayai pengeluaran ini?
a. Saya akan membayarnya dengan penghasilan bulanan
b. Saya akan menunggu bonus dari kantor
c. Saya bisa menjual beberapa investasi saya

2. Berapa banyak yang telah Anda tabung untuk biaya pernikahan?
a. Tidak banyak. Saya hanya menabung 30% dari penghasilan saya tiap bulan
b. Kami mungkin butuh lebih, tapi saya akan mencari penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan
c. Cukup untuk biaya sewa gedung. Kami telah memangkas anggaran belanja kami dalam beberapa bulan terakhir

3. Apakah Anda telah memperkirakan berapa total biaya pernikahan Anda?
a. Kami belum merencanakan apa-apa
b. Kami sudah mempunyai perkiraan kasar, tapi belum menemukan lokasi yang cocok
c. Ya, biaya fotografi pra nikah tersebut sudah termasuk dalam anggaran kami


JAWABAN:

Jika Nilai Anda 50 atau Kurang:

Menabung untuk biaya pernikahan saat ini seharusnya menjadi prioritas utama Anda. Mengingat Anda belum merencanakan apa-apa atau tau berapa biaya yang Anda butuhkan, membuat foto pra nikah mungkin terlalu awal untuk Anda. Coba tentukan tanggal pernikahan terlebih dulu --serta anggaran yang masuk akal-- sebelum Anda menyewa fotografer. Pangkas anggaran belanja/ jalan-jalan supaya Anda bisa menabung lebih dari 30%.

Jika Nilai Anda Antara 50-80:

Anda sepertinya termasuk perencana yang baik dan Anda tahu bahwa Anda berdua menginginkan foto pra nikah ini menjadi tak terlupakan. Jangan terburu-buru dalam membuat keputusan atau melakukannya karena pasangan lain melakukan hal yang sama. Setelah Anda memilih tema untuk pernikahan, cocokkan dengan foto pra nikah Anda --baik kostum, lokasi, dan lain sebagainya. Jika Anda merasa konsep foto tersebut akan lebih bagus dengan anggaran yang lebih besar, Anda dapat menundanya dan merencanakan fotografi "paska pernikahan" atau sekaligus untuk mengabadikan hari jadi.

Jika Nilai Anda Diatas 80 atau Lebih:          

Merencanakan sebuah pernikahan adalah hal yang besar bagi Anda berdua. Tdak hanya mengenai hari H, namun semuanya harus menjadi pengalaman tak terlupakan, mulai dari foto pra nikah, video pra nikah, bridal shower, dan lain-lain. Berhubung Anda telah memiliki anggaran untuk semua itu, maka segera saja laksanakan keinginan tersebut! Pilih fotografer yang direkomendasikan oleh teman Anda dan pilih pemotretan di pertengahan minggu untuk menekan biaya tiket pesawat dan akomodasi, sekaligus supaya Anda bisa memanfaatkan lokasi pemotretan yang lebih sepi dari pengunjung.

 

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×