Cara Hemat Berkomunikasi Saat di Luar Negeri


Sebelum berangkat ke Eropa, Cindy telah menyiapkan sejumlah anggaran untuk memperoleh layanan BlackBerry selama di sana. Ia telah mengabari operator GSM-nya bahwa ia menyiapkan Rp 2 juta untuk perjalanan seminggu tersebut. Semuanya lancar dan ia melakukan kegiatan sehari-harinya: membaca email, mengirim tweet, memperoleh update dari media sosial, dan chatting melalui beberapa mobile apps. Sebelum satu minggu lewat, operator GSM mengirim peringatan bahwa penggunaannya sudah hampir melebihi batas. Cindy kuatir akan dikenakan tagihan besar saat ia pulang nanti, sehingga ia memutuskan untuk mematikan mobile network di BlackBerry-nya dan bertahan dengan Wi-Fi sepanjang sisa durasi perjalanannya.

Jika Anda berencana berpergian ribuan kilometer dari negara Anda, berikut adalah beberapa tips untuk menghemat biaya roaming selama Anda berada di luar negeri:

1. Pakai Kartu SIM Pra Bayar

Cari tahun dari operator mobile Anda apakah kartu SIM Anda bisa aktif digunakan di luar negeri, kemudian hitung biayanya. Ketika penyedia layanan GSM memberikan sinyal untuk konsumen layanan lain, itu merupakan roaming. Umumnya, konsumen akan dikenakan biaya untuk telepon masuk dan penerimaan SMS. Lebih mudah untuk menggunakan kartu pra bayar di luar negeri, karena Anda dapat membatasi jumlah penggunaan Anda dan melakukan isi ulang sesuai kebutuhan -- Anda bisa melakukan pengisian melalui online banking atau website.

2. Bawa Dua Handphone   

Seperti kebanyakan orang Indonesia, Anda mungkin memiliki dua atau tiga HP yang Anda bawa setiap hari. Cek frekuensi selular di negara tujuan Anda dan gunakan kartu SIM Anda pada salah satu HP. Tergantung jenis HP dan lama perjalanan, Anda bisa menggunakan HP lain untuk nomor asing. Contoh: Anda akan pergi ke London selama dua minggu dan Anda memiliki smartphone Android dan Blackberry. Anda bisa membeli nomor asing untuk smartphone Android Anda, kemudian mematikan "mobile network" di BlackBerry dan menggunakan koneksi Wi-Fi --yang bisa Anda peroleh gratis atau beli di tempat-tempat umum-- untuk mempertahankan layanannya. Tetapi, jika lama perjalanan Anda hanya tiga hari, akan lebih murah untuk menggunakan layanan roaming BlackBerry yang biayanya sekitar Rp 25.000 (pasca bayar) dan Rp 40.000 (pra bayar) per hari.    

3. Cara Mematikan "Data Roaming"       

Masalah utama yang sering membuat Anda terkejut saat melihat tagihan HP adalah biaya penggunaan data -- biaya bandwidth dan koneksi untuk menghubungkan Anda ke sebuah situs, mengirim email atau upload foto ke Facebook atau Twitter. Tidak mudah untuk memperkirakan penggunaan saat Anda browsing, karena itu HP Anda akhirnya bisa memakan banyak data tanpa Anda sadari.

Cara paling mudah untuk membuat pikiran Anda tenang adalah dengan mematikan data roaming, cellular data dan layanan 3G. Berikut petunjuk umum untuk beberapa tipe smartphone yang berbeda:  

Android: Pilih  Settings - Wireless Controls- Mobile Network - hilangkan centang pada pilihan Data Roaming, Data Enable dan 3G Data.
BlackBerry:  Pilih Options - Networks and Connections - Mobile Network - Data Services - pilih “Off When Roaming”.
iPhone:  Pilih Settings - General - Cellular - ubah Data Roaming, Cellular Data dan Enable 3G menjadi “Off’.
Windows Phone:  Pilih Settings - Mobile Network - Data Roaming - dan pilih “Don’t Roam”.

4. Gunakan Layanan VoIP 

Saat ini sudah ada banyak mobile apps yang menawarkan layanan telepon secara mudah dan gratis melalui “Voice over Internet Protocol” (VoIP). Maka, jika Anda termasuk yang menganggap bahwa Skype terlalu merepotkan, ada beberapa layanan yang lebih baru seperti Viber dan Line. Untuk ini, yang dibutuhkan hanya koneksi Wi-Fi yang stabil.

Mempertahankan komunikasi saat bepergian ke luar negeri tidak selalu memakan biaya luar biasa, selama Anda mempunyai informasi cukup dan bisa menjaga anggaran. Sebagai usaha terakhir, simpan beberapa koin di dompet Anda, siapa tahu Anda harus menelepon nomor lokal di negara asing menggunakan telepon umum di pinggir jalan. Selamat bertamasya!

 

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×