Saya Ingin Perbarui Komputer


PERTANYAAN:

Saya desainer grafis berusia 24 tahun dan sudah bekerja di perusahaan periklanan selama setahun. Di waktu luang, saya mengerjakan proyek lepas dengan mendesain brosur dan materi-materi cetak lainnya untuk klien pribadi. Saya sekarang menggunakan Desktop PC di rumah, tapi berhubung saya sudah memakai komputer ini sejak masa kuliah, saya berpikir untuk memperbaruinya atau membeli iMac baru. 

1. Bagaimana Anda akan membayar komputer ini?
a. Saya akan membelinya dengan kartu kredit
b. Saya akan mengambil sebagian dana darurat dan membayar sisanya dengan tabungan
c. Saya akan membayar semuanya dengan deposito saya yang jatuh tempo bulan depan 

2. Berapa jumlah tabungan Anda?
a. Saya masih berusaha menabung lebih banyak setiap bulannya. Saat ini saya memiliki kurang dari Rp 20 juta 
b. Saya punya sekitar Rp 30 juta sebagai dana darurat, tapi hanya itu tabungan saya
c. Saya sudah memiliki dana darurat yang cukup dan kini sedang mengumpulkan dana liburan

3. Bagaimana performa komputer Anda sekarang?
a. Saya masih bisa menggunakannya untuk bekerja, tapi cukup lambat
b. Terkadang software grafis saya mati atau melakukan restart seketika   
c. Saya tidak bisa membuka dua program bersamaan, akibatnya waktu saya banyak terbuang untuk menyelesaikan sebuah tugas.

JAWABAN:

Jika Nilai Anda 50 atau Kurang:

Sebagai desainer grafis, Anda pasti menginginkan komputer dengan spesifikasi tinggi supaya bisa menggunakan software grafis versi terbaru. Meski begitu, jika Anda belum memiliki tabungan yang cukup, jangan menambah beban keuangan Anda dengan utang kartu kredit. Aturan sederhananya adalah "jangan gunakan kartu kredit untuk membeli barang yang tidak mampu Anda beli", maka lebih baik Anda tabung uang lebih banyak dulu --kurangi pengeluaran, simpan bonus dan pendapatan dari proyek sampingan-- dan memanfaatkan komputer yang lama hingga uang Anda terkumpul.     

Jika Nilai Anda Antara 50-80:

Anda mungkin mendapat komputer tersebut dari orang tua Anda saat masuk kuliah, sehingga bisa jadi itu bukan pilihan Anda. Mengingat Anda sekarang bertanggung jawab akan pengeluaran Anda sendiri, tentukan anggaran dan pertimbangkan hal-hal berikut sebelum Anda memutuskan untuk memperbarui komputer lama atau membeli komputer baru:
1. Bandingkan harga dan perkiraan umur tiap produk
2. Hitung biaya perawatan --misalnya jika iMac yang Anda beli rusak, Anda harus memperbaiki semuanya dan itu akan lebih mahal kalau Anda tidak memiliki AppleCare Protection Plan
3. Jangan hanya bergantung penjelasan brosur. Baca review dan tanya pendapat desainer grafis lain yang sudah lebih berpengalaman dalam memilih komputer  

Jika Nilai Anda Diatas 80 atau Lebih:

Anda memiliki dana untuk memperbarui PC atau membeli yang baru. Pertanyaannya hanya kapan waktu yang tepat untuk membelinya. Ada baiknya membeli saat rupiah menguat terhadap dolar, atau saat expo komputer berlangsung --Anda bisa dapat diskon atau bonus saat melakukan pembelian. Selain itu, buat daftar pro dan kontra antara membeli sebuah desktop dan laptop. Pilihan yang kedua ini memang layarnya lebih kecil, tapi Anda akan bisa bekerja di mana saja, serta mempresentasikan pekerjaan Anda pada klien. Apapun keputusan Anda, pastikan hal tersebut akan meningkatkan produktivitas dan menjadi investasi yang bagus untuk mendukung perkembangan karir Anda.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×