Ide Kado Lebaran Unik Dibawah Rp 200.000


Memasuki awal bulan puasa tahun ini, sepertinya sudah waktunya mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut perayaan Idul Fitri --yang biasanya identik dengan acara silahturahmi keluarga dan berbagi bingkisan.

Tradisi ini agak berbeda dari perayaan Natal yang identik dengan tukar kado, karena Lebaran di Indonesia lebih lazim berbagi salam tempel berupa uang atau saling berkirim parcel kue dan kurma. 

Kalau Anda ingin menghindari pemberian berupa uang atau makanan, atau ingin memberikan hadiah tambahan yang tepat sasaran tapi tidak mahal, pertimbangkan ide-ide bingkisan di bawah Rp 200.000 ini:

Pakaian

Tradisi berbaju baru di hari Lebaran melambangkan manusia baru yang fitri setelah sebulan berpuasa selama Ramadan. Oleh karena itu, pakaian baru bisa menjadi kado Lebaran yang cocok untuk anak-anak, pegawai rumah tangga, atau karyawan yang biasa melayani Anda di kantor. Kado untuk wanita bisa berupa jilbab cantik atau atasan berlengan panjang yang modis. Untuk pria, Anda bisa berikan sarung atau baju koko. Sepatu juga bisa diberikan sebagai kado kalau tepat ukurannya.

Bisa dibeli di: ITC Kuningan, Mangga Dua, Pasar Mayestik, Pasar Tanah Abang, BelowCepek.com, PlazaBajuMuslim.com

Perangkat ibadah

Kado dalam kategori ini pantas diberikan jika Anda sendiri beragama Islam. Qur'an cantik atau rekal bisa menjadi barang kesayangan sampai bertahun-tahun. Selain itu, Anda juga bisa menghadiahkan sajadah, tasbih, atau mukena untuk sholat.

Bisa dibeli di: ITC Cempaka Mas, Gramedia, RekalQuran.com, SentraMuslim.com

Dekor rumah

Lebaran adalah waktunya menerima banyak tamu, sehingga banyak orang berusaha membuat rumahnya tampak indah ketika hari raya. Untuk mencerminkan suasana Lebaran, pilihlah dekor kaya warna yang bernuansa Timur Tengah: lampu atau lentera dari bahan stained glass, tempat lilin, taplak meja berbordir, atau sarung bantal sofa. Kalau penerimanya adalah penggemar vintage dan Anda pintar mendapatkan barang berkualitas, tidak ada salahnya berburu di Jl. Surabaya atau Pasar Tanah Abang, ataupun di forum jual beli online seperti Kaskus.

Alternatifnya, jika punya waktu dan bakat seni, Anda juga bisa menghadiahkan hasil buah tangan Anda sendiri. Kalau Anda mendalami fotografi, kadonya bisa berupa foto religi artistik hasil jepretan Anda, misalnya sholat Ied berlatar kapal phinisi di Masjid Sunda Kelapa, atau Ka'Bah di musim haji. Dicetak besar dan dipigura, tentunya.

Bisa dibeli di: Duta Interior, SMESCO UKM Gallery, Rumah Lunar, Kerajinan-Bali.com, Bendosari.com

Set cangkir

Cangkir untuk teh dan kopi akan berguna di saat banyak tamu di rumah. Kalau Anda berbakat desain, rancanglah sendiri satu set mug bertema hari raya, kemudian bawa ke percetakan. Desainnya pun bisa disesuaikan --alangkah menyenangkannya apabila masing-masing anggota keluarga penerima melihat namanya sendiri tercetak pada kadonya.

Bisa dibuat di: Snapy, Cetak-Mug.com, Maximug.com

Untuk memberikan kado yang berkesan memang diperlukan waktu untuk mencari tahu kebutuhan dan selera penerima. Namun apabila bersabar memperhatikan baik-baik, Anda akan mengetahui bahwa berbagi kebahagiaan di hari raya tidak harus mahal.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×