Saya Ingin Memiliki Dana Liburan






Saya adalah perempuan lajang berusia 23 tahun yang gemar jalan-jalan. Sebagai seseorang dengan hobi traveling, saya ingin memiliki dana liburan. Apakah ada persentase anggaran ideal yang bisa saya terapkan untuk diri sendiri? Untuk investasi, saya selalu menabung sekitar 30%-35% setiap bulan. Berapa banyak yang harus saya alokasikan per bulan untuk dana liburan ini?    



1. Apakah Anda punya dana darurat?
A. Tidak
B. Saya punya tabungan kurang dari Rp 36 juta
C. Ya

2. Apakah Anda masih punya utang?
A. Ya, saya masih punya utang kartu kredit
B. Saya masih membayar cicilan mobil
C. Tidak punya

3. Mana di bawah ini yang mencerminkan gaya liburan Anda?
A. Saya tidak bisa berjalan kaki terlalu jauh
B. Saya lebih memilih tinggal di hotel murah daripada di hostel
C. Saya bisa menyesuaikan diri dengan anggaran yang tersedia

JAWABAN:

Jika Nilai Anda Kurang dari 50:

Lupakan dulu ide mengumpulkan dana liburan ketika Anda masih memiliki utang --terutama utang kartu kredit. Anda bisa mengalokasikan anggaran bulanan yang Anda sisihkan untuk investasi menjadi anggaran untuk membayar utang. Tidak ada gunanya menabung atau menginvestasikan uang sementara Anda masih punya sejumlah utang yang akan memakan tabungan Anda.      

Jika Nilai Anda Antara 50 & 80:

Bagus jika Anda memiliki kedisiplinan untuk menyimpan 30% dari pendapatan Anda per bulan --atau lebih-- untuk investasi. Hingga dana darurat Anda terkumpul, Anda dapat mengalokasikan 20% dari penghasilan untuk ditabung dan menaruh sisanya untuk investasi. Setelah itu, Anda dapat membuka rekening terpisah untuk dana liburan berdasarkan tujuan wisata yang Anda incar. Pilihlah tujuan wisata lokal atau regional jika Anda punya waktu kurang dari setahun untuk mengumpulkan dananya. Jangan kuatir, Anda masih muda! Lebih baik menabung dan menunda liburan impian Anda selama setahun, daripada memaksakan liburan yang sebenarnya Anda tidak mampu dan jadi bangkrut setelahnya.

Jika Nilai Anda Lebih dari 80:

Selamat! Sangat menyenangkan mengetahui bahwa orang muda seperti Anda memperhatikan keuangan pribadi dengan detilnya. Lebih dari itu, Anda sudah memiliki dana darurat dan investasi. Anda bisa bersenang-senang sedikit dan merencanakan liburan dengan mengurangi porsi investasi Anda sedikit saja, kemudian mengalokasikan dana tersebut ke dana liburan. Dana ini termasuk bagian dari pengeluaran hiburan Anda. Berikut persentase anggaran yang bisa Anda terapkan:

  • 50% untuk pengeluaran sehari-hari (Rp 5 juta)
  • 20% untuk investasi (Rp 2 juta)
  • 30% untuk hiburan (Rp 3 juta—1/3 atau Rp 1 juta dimasukkan ke rekening dana liburan)

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×