Saya Ingin Beli Alat Fitness






PERTANYAAN:

Saya ibu dua anak berusia 32 tahun yang bekerja sebagai akuntan di sebuah perusahaan swasta. Saya menyadari kalau berat badan saya naik banyak dalam beberapa tahun terakhir karena saya tidak punya waktu untuk berolahraga lagi. Saya ingin beli elliptical trainer dan meletakkannya di rumah, sehingga saya bisa meluangkan 15-30 menit setiap hari untuk berolahraga.

1. Bagaimana Anda akan membiayai pengeluaran ini?
A. Saya akan memakai fasilitas cicilan 3 bulan dari kartu kredit saya
B. Saya akan minta suami membelikan ini sebagai hadiah ulang tahun saya
C. Saya akan gunakan tabungan atau anggaran belanja saya

2. Pernahkah Anda menggunakan alat tersebut sebelumnya?
A. Tidak juga. Saya cuma melihatnya di infomercial (iklan TV)
B. Saya sudah menggunakannya beberapa kali di rumah teman
C. Saya sering menggunakannya saat masih jadi anggota di klub kebugaran

3. Apa yang membuat Anda berhenti berolahraga?
A. Saya sulit membuat badan saya yang kaku untuk bergerak
B. Suami dan anak-anak saya sangat bergantung pada saya
C. Saya memilih untuk menghabiskan waktu luang dengan anak-anak 

JAWABAN:

Jika Nilai Anda Kurang dari 50:

Jika menyangkut olahraga dan peralatan fitness, ada beragam pilihan yang bisa Anda dapatkan. Meski Anda sudah mengincar satu alat ini, bukanlah ide bagus untuk membelinya menggunakan kartu kredit. Anda bisa menabung anggaran belanja Anda untuk tujuan ini. Sementara itu, Anda bisa membeli perlengkapan olahraga yang lebih murah –misalnya skipping rope– untuk menguji motivasi Anda. Jika setelah 3 bulan Anda masih ingin punya elliptical trainer, maka Anda bisa membelinya. Pastikan saja kalau alat tersebut tidak akan jadi rongsokan di pojok rumah Anda.   

Jika Nilai Anda Antara 50 dan 80:

Diskusikan dengan suami Anda dan pecahkan masalah ini bersama-sama. Siapa tahu masalah sebenarnya bukan mengenai waktu luang, tapi soal bagaimana Anda dan suami berbagi peran di rumah. Jika ia berniat membantu, Anda akan punya lebih banyak waktu untuk meningkatkan stamina dan kesehatan Anda. Sebuah elliptical trainer digunakan untuk menyerupai aktivitas naik tangga, berjalan, atau berlari tanpa menyebabkan tekanan berlebihan di persendian tulang. Dibandingkan treadmill, pendekatan menggunakan alat ini termasuk “low impact”. Cobalah latihan low impact lainnya dan lihat mana yang membuat Anda rutin berlatih.

Jika Nilai Anda Lebih dari 80:

Sebuah elliptical trainer di kisaran menengah harganya sekitar Rp 8 juta; karena itu pastikan kalau alat tersebut akan memberi manfaat kesehatan bagi Anda. Jika Anda sudah pernah menggunakannya dan menyukai hasilnya, maka Anda bisa membelinya. Lakukan sedikit riset untuk membandingkan beberapa merek dan pilih yang bisa awet selama beberapa tahun. Tetapkan target yang masuk akal serta jadwal tetap untuk berolahraga. Misalnya, Anda ingin menurunkan 5 kg dalam waktu 6 bulan dan berolahraga selama 20 menit setiap pagi sebelum berangkat kerja. Nyalakan iPod, radio atau apapun yang akan membuat Anda fokus berolahraga. Setelah 1-2 bulan, otot-otot Anda akan mengingat kebiasaan ini dan membuat Anda lebih mudah untuk mengikuti jadwal.  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×