Perkiraan Biaya Perawatan Medis di Indonesia


Mempunyai tubuh yang sehat pasti dambaan semua orang, tapi bagaimana jika suatu saat Anda sakit dan harus mengunjungi rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut. Berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk menangani penyakit Anda? Beberapa hal patut menjadi pertimbangan dalam memilih rumah sakit yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Biaya Perawatan UGD

Mahalnya biaya medis di Indonesia sering dikhawatirkan banyak orang. Bahkan, tak jarang beberapa orang jarang memeriksakan diri ke rumah sakit meski terkena penyakit. Hal ini juga pernah dialami oleh Nia, 31, seorang guru yang selama ini selalu menggunakan jasa puskesmas atau rumah sakit umum untuk mengobati penyakitnya. Namun , suatu kali dirinya terpaksa menggunakan jasa UGD rumah sakit swasta, Siloam Hospitals Kebun Jeruk ketika suaminya keracunan obat. Biaya yang ia keluarkan saat itu mencapai sekitar Rp 300.000 untuk membayar dokter dan resep.

“Ternyata tidak begitu mahal juga, saya hanya bayar biaya dokter dan resep obat yang ditebus. Padahal saya sudah mengira harus membayar biaya beberapa jam di UGD,” ujarnya.

Sebagian besar rumah sakit memang tidak menarik biaya UGD, dan hanya membebankan biaya dokter dan resep. Biaya baru akan dikenakan jika pasien tidak kebagian kamar inap dan terpaksa harus dirawat inap di bangsal UGD.

Pengobatan yang Lengkap

Tidak semua rumah sakit memiliki peralatan medis yang lengkap untuk mengobati seluruh penyakit yang ada. Salah satu rumah sakit yang sering menjadi pusat rujukan adalah Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta Pusat. Ida Bagus Sari, 25, menyatakan jika dirinya cukup sering menggunakan fasilitas kesehatan yang ditawarkan oleh rumah sakit tersebut. Maklum, sebagai anak pegawai negeri yang memiliki asuransi kesehatan Askes, biaya yang dikenakan memang sangat murah.

“Sampai umur 21 tahun saya masih memakai tunjangan Askes orang tua saya untuk berobat di RSCM. Hal-hal kecil seperti cabut gigi digratiskan karena pakai Askes,” jelasnya.

Sari boleh beruntung karena pengobatannya ditanggung oleh Askes. Butet, 40, mengaku pernah melakukan operasi pengangkatan kutil tanpa menggunakan asuransi di RSCM. Biaya yang dikeluarkannya saat itu sekitar Rp 1,5 juta termasuk untuk obat.

“Tergantung juga operasinya apa. Operasi saya tergolong mudah, jadi biaya yang dikeluarkan juga tidak besar. Apalagi sifatnya one day care, jadi satu hari langsung selesai sehingga tidak perlu rawat inap,” kata Butet.

Pentingnya Pelayanan yang Memuaskan

Beberapa orang rela merogoh kocek lebih dalam demi mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari pihak rumah sakit. Itu juga yang menjadi alasan bagi Butet ketika memilih layanan rumah sakit. Saat terkena penyakit tipes beberapa waktu lalu, ia memilih menjalani rawat inap di Rumah Sakit Pondok Indah di Jakarta Selatan dengan tarif Rp 750.000 di kelas 1 per hari. Tarif rawat inap di rumah sakit ini memang tergolong lebih mahal jika dibandingkan dengan RSCM yang memasang biaya Rp 490.000 per hari di kelas yang sama.

“Saat sakit maunya kita kan istirahat di tempat yang nyaman dan besar dengan fasilitas bagus juga. Jadi kalau lebih mahal wajar saja,” tukas Butet.

Jatuh sakit memang tidak menyenangkan, terlebih saat harus membayar biaya pengobatan yang tidak sedikit. Lebih baik meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dengan berolahraga dan menjaga stamina. Selain itu, kita juga perlu berjaga-jaga dengan memiliki solusi penangkal biaya pengobatan, yakni dengan asuransi kesehatan.

TABEL PERKIRAAN BIAYA RUMAH SAKIT DI JAKARTA

Rumah Sakit Biaya Rawat Inap (Kelas 1) Biaya Operasi Bedah Ringan (Kista) Biaya UGD (kecelakaan ringan/ jatuh dan 2-3 jahitan pada luka)
Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Rp 750.000/ hari Berkisar Rp 15 juta-Rp 20 juta (tergantung kondisi kista) Sekitar Rp 500.000 (dengan dokter tapi belum termasuk obat)
Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Rp 490.000/ hari Sekitar Rp 7 juta (one day care, tanpa rawat inap) Rp 100.00-Rp 200.000 (termasuk dokter dan obat)
Siloam Hospitals Kebon Jeruk (SHKJ) Rp 575.000/ hari Sekitar Rp 15 juta (termasuk operasi, biaya dokter, kamar inap kelas 1) Sekitar Rp 250.000 (termasuk dokter dan obat)
    

 

*Ini adalah perkiraan kasar yang didapat LiveOlive berdasarkan wawancara dengan beberapa orang yang sudah pernah dirawat di rumah sakit di atas. Silakan hubungi rumah sakit bersangkutan untuk memperoleh keterangan yang lebih akurat.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×