Saya Ingin Beli Mesin Cuci


PERTANYAAN:

Saya seorang wanita karier yang memiliki jadwal sehari-hari yang sibuk. Berhubung saya sering berpergian untuk urusan kerja, saya hanya punya waktu terbatas untuk mengurus cucian. Saya berpikir untuk membeli sebuah mesin cuci, sehingga dapat lebih menghemat waktu dan uang. 

JAWAB PERTANYAAN BERIKUT:

1. Apakah Anda sudah punya dana darurat?
A. Hmm, apa itu?
B. Saya sedang mengumpulkannya
C. Ya

2. Bagaimana Anda berencana untuk membelinya?
A. Saya akan gunakan kartu kredit 
B. Saya akan menggunakan sebagian dana darurat 
C. Saya akan pakai tabungan lain

3. Di mana Anda sekarang tinggal?
A. Di sebuah asrama atau kost
B. Di apartemen sewaan
C. Di sebuah rumah

HASILNYA:

Jika Nilai Anda Kurang dari 50:

Membeli mesin cuci termasuk pembelian besar, karena harganya lebih dari 30% penghasilan Anda. Jangan biasakan memakai kartu kredit untuk membeli sesuatu seperti ini. Apa yang bisa Anda lakukan adalah menabung selama beberapa bulan hingga Anda memiliki cukup tabungan untuk membelinya. Sementara itu, cari alternatif solusi lain seperti mencari jasa laundry kiloan yang lebih murah atau mempekerjakan seorang pembantu rumah tangga lepas yang bisa datang ke tempat Anda dan membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga sehari-hari. 

Jika Nilai Anda Antara 50 & 80:

Anda cukup yakin kalau membeli mesin cuci adalah solusi terbaik dan Anda memiliki tempat permanen untuk menyimpannya di tempat tinggal Anda. Meski demikian, Anda tidak seharusnya memakai dana darurat untuk tujuan ini, karena ini tidak bisa dikategorikan sebagai "keadaan darurat". Beberapa hal yang menjadi keadaan darurat antara lain kehilangan pekerjaan, jatuh sakit, kehilangan barang yang disebabkan oleh kecelakaan atau bencana alam. Daripada memakai dana ini, Anda bisa menabung anggaran belanja/ jalan-jalan selama 3-4 bulan ke depan.

Jika Nilai Anda Lebih dari 80:

Anda sudah membandingkan antara biaya laundry per minggu dan biaya membeli sebuah mesin cuci. Apakah Anda sudah menghitung biaya pemeliharaannya –biaya listrik, biaya perbaikan seandainya mesin tersebut rusak– dan tipe produk apa yang Anda ingin beli? Lakukan riset kecil-kecilan dan bandingkan antara beberapa merk untuk memastikan bahwa Anda tidak membeli sesuatu lebih dari yang Anda butuhkan. Contohnya, mesin cuci dengan kapasitas besar mungkin sesuai untuk sebuah keluarga, tapi akan membuang-buang listrik dan air untuk pengguna pribadi seperti Anda.

Baca juga: Bicara Anggaran

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×